Recce James berselebrasi setelah mencetak gol keempat untuk Chelsea, sekaligus sebagai gol penyeimbang. (Foto: Twitter/@ChelseaFc)
Hasil Liga Champions

Delapan Gol dan Dua Kartu Merah Warnai Laga Chelsea vs Ajax

Liga Champions 06 November 2019 05:54 WIB

Chelsea melakoni laga lanjutan babak penyisihan Grup H Liga Champoins musim ini dengan menjamu Ajax Amsterdam di Stamford Bridge Stadium, Rabu 6 November 2019 dini hari WIB. Ajax yang tampil menggila membuat Chelsea harus mau berbagi poin dengan skor 4-4. Dalam laga itu pula, dua kartu merah keluar dari kantong wasit untuk pemain Ajax Amsterdam.

Hasil tersebut membuat persaingan di Grup H Liga Champions musim ini kembali memanas. Tiga klub besar, Chelsea, Ajax, serta Valencia, masih mempunyai peluang yang sama untuk lolos ke babak berikutnya. Karena hingga kini, ketiga tim sudah mengumpulkan tujuh poin dari empat laga yang sudah dimainkan.

Jalannya pertandingan

Tampil menekan sejak babak pertama dimulai, Chelsea malah kebobolan lebih dulu. Gol bunuh diri Tammy Abraham membuat Daley Blind dkk unggul 1-0 setelah Abraham yang bermaksud menghalau tembakan bebas Quincy Promes, justru membelokkan bola masuk ke dalam gawang Chelsea yang dikawal oleh Kepa Arrizabalaga.

Sayangnya, keunggulan Ajax hanya bertahan dua menit. Chelsea sebagai tuan rumah langsung bisa menyamakan kedudukan melalui tembakan penalti Jorginho.

Hadiah tendangan 12 pas itu didapat oleh Chelsea setelah Christian Pulisic dilanggar oleh Joel Veltman di kotak penalti Ajax. Skor berubah menjadi sama kuat 1-1.

Usai kedudukan berimbang, Chelsea semakin gencar menekan pertahanan Ajax. Tammy Abraham seakan membalaskan dosanya. Ia mampu mencetak gol kedua bagi Chelsea untuk kembali unggul atas Ajax. Sayang, gol Abraham dianulir wasit karena ia sudah dalam posisi offside.

Alih-alih berhasil membalikkan keadaan, Ajax akhirnya kembali unggul. Menit ke-20, Hakim Ziyech dkk berhasil membobol gawang Chelsea untuk kedua kalinya. Untuk kali ini, giliran Quincy Promes yang berhasil mencatatkan namanya di papan skor.

Memanfaatkan umpan silang dari Hakim Ziyech, Promes meneruskannya dengan sundulan yang gagal diamankan oleh penjaga gawang asal Spanyol tersebut. Skor2-1 Ajax unggul.

Sepuluh menit jelang babak pertama usai, Ajax malah mampu menambah keunggulan mereka menjadi 3-1, lagi-lagi akibat gol bunuh diri pemain Chelsea. Kali ini kiper Chelsea, Kepa yang membuat gawangnya kembali kebobolan.

Bermaksud menghalau bola tendangan bebas Ziyech, bola yang sempat menerpa mistar gawang justru mengenai mukanya dan masuk ke dalam gawangnya sendiri. Skor 3-1 untul Ajax Amsterdam menutup babak pertama.

Babak II

Tertinggal 1-3, Chelsea langsung tampil menyerang pada menit-menit awal babak kedua. Alhasil sejumlah peluang emas pun didapat. Namun rapatnya pertahanan Ajax berhasil menggagalkan kesempatan Chelsea untuk mencetak gol.

 

Keasyikan menyerang, gawang Chelsea malah kembali kebobolan untuk keempat kalinya. Kali ini giliran Donny van de Beek yang berhasil menyumbangkan golnya untuk Ajax, sepakannya yang memaksimalkan umpan dari Ziyech meluncur deras ke dalam gawang Kepa. Skor 4-1 untuk Ajax.

Tak ingin malu, Chelsea berusaha bangkit. Respons tuan rumah mulai membuahkan hasil ketika mereka sukses memperkecil ketertinggalan. Tepat di menit ke-63, anak asuh Frank Lampard membuat gemuruh Stamford Bridge.

Meneruskan umpan terobosan dari Abraham, Cesar Azpilicueta yang lolos dari kawalan ben Ajax tanpa kesulitan menceploskan bola ke dalam gawang Andre Onana. Skor berubah menjadi 4-2.

Nasib sial datang menghampiri Ajax. Pada menit ke-68 dan 69’, dua anak asuh Erik Ten Haag harus diusir keluar lapangan setelah menerima kartu merah (kartu kuning kedua) oleh wasit Gianluca Rocchi. Mereka adalah Daley Blind dan Joel Veltman.

Blind mendapatkan kartu merah usai melancarkan tekel keras kepada Abraham, sementara Veltman menerima kartu kuning keduanya di laga ini setelah dinyatakan handsball di area terlarang.

Gara-gara handsball Veltman itulah, Chelsea mendapatkan penalti untuk mempersempit ketertinggalan. Sekali lagi, Jorginho yang dipercaya untuk mengeksekusi sepakan penalti berhasil menjalankan tugasnya dengan baik.

Dan empat menit kemudian, nasib baik datang pada The Blues. Mereka berhasil menyamakan kedudukan 4-4 melalui gol dari Reece James. Memanfaatkan bola rebound hasil sundulan Abraham, James lalu melepaskan sepakan keras yang mengecoh Onana.

Chelsea hampir saja membalikan keadaan melalui gol kedua Azpilicueta. Tapi sayang, gol pemain bertahan asal Spanyol itu dianulir wasit lantaran seperti yang tertangkap kamera VAR, bola lebih dulu mengenai tangan Abraham sebelum mengarah ke Azpilicueta.

Hingga peluit panjang ditiupkan, tidak ada gol tambahan yang berhasil dicetak oleh kedua tim. Kubu tuan rumah, Chelsea harus puas bermain 4-4 dengan tamunya, Ajax, di laga ini.

Susunan Pemain

Chelsea (4-2-3-1): Kepa Arrizabalaga; Cesar Azpilicueta, Kurt Zouma, Fikayo Tomori, Marcos Alonso (Reece James 46’); Jorginho, Mateo Kovacic (Mitchy Batshuayi 87’); Willian, Mason Mount (Callum Hudson-Odoi 60’), Christian Pulisic; Tammy Abraham.

Pelatih: Frank Lampard

Ajax Amsterdam (4-2-3-1): Andre Onana; Noussair Mazraoui, Joel Veltman, Daley Blind, Nicolas Tagliafico; Donny van de Beek, Lisandro Martinez; David Neres (Perr Schuurs 72’), Hakim Ziyech (Edson Alvarez 72’), Quincy Promes; Dusan Tadic.

Pelatih: Erik ten Hag

Penulis : Alief Sambogo

Editor : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

13 Aug 2020 11:42 WIB

Sesumbar Neymar

Liga Champions

Tahun ini PSG harus jadi juara, katanya.

11 Aug 2020 09:08 WIB

Ini 6 Alasan Barcelona Bisa Kalahkan Bayern Munchen

Liga Champions

Salah satunya karena Barcelona memiliki Lionel Messi

09 Aug 2020 23:33 WIB

Julian Nagelsman, Pelatih Muda yang Mencuri Perhatian Dunia

Liga Champions

Ia pelatih muda yang menjadikan RB Leipzig sebagai tim kuat di Eropa

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...