Deklarasi Pramuka Jatim Anti Narkoba Dari Atas Rantis Brimob

09 Aug 2019 22:55 Jawa Timur

Dua ribu lebih pramuka penegak dan pandega dari beragam daerah di Jawa Timur ikuti prosesi sakral pelantikan Majelis Pembimbing dan Pimpinan Saka Bhayangkara Jawa Timur. Pelantikan digelar di area Wisata Halal Pintu Langit, kawasan Tretes, Ledug, Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jumat 9 Agustus 2019, malam.

Pelantikan dipimpin langsung Kakwarda Pramuka Jawa Timur, Saifullah Yusuf (Gus Ipul). Dalam acara kali ini, Kapolda Jawa Timur Irjen Polisi Luki Hermawan dilantik sebagai Ketua Majelis Pembimbing Saka Bhayangkara; dan Dirbimas Polda Jawa Timur Kombes Pol Iwan Setyawan dilantik sebagai Pimpinan Saka Bhayangkara.

“Satuan Karya atau Saka adalah salah satu ujung tombak pramuka dan Saka Bhayangkara adalah salah satu yang aktif,” kata Gus Ipul usai pelantikan.

Menurut Gus Ipul, dengan pelantikan pengurus baru Saka Bhayangkara, maka beragam program kerjasama antara Pramuka dan Polisi bisa lebih maju lagi.

“Saka Bhayangkara ini fokus untuk membantu polisi dalam menegakkan hukum, meningkatkan kesadaran hukum, tertib berlalu lintas, kamtibmas serta keamanan lingkungan,” ujar Gus Ipul.

Saka Bhayangkara juga meliputi gerakkan untuk selalu menolak dan mengkampanyekan anti narkoba khususnya di kalangan generasi muda.

Karenanya dalam pelantikan kali ini juga diiringi dengan deklarasi gerakkan milenial cinta damai, anti narkoba dan anti radikalisme.

Pembacaan deklarasi sendiri digelar cukup unik karena dilakukan di atas mobil rantis Brimob Polda Jawa Timur.

“Kami sungguh sangat bergembira karena Kapolda juga memberikan penekanan agar lebih keras lagi ikut mengkampanyekan anti narkoba, karena penyalahgunaan narkoba di Jawa Timur tergolong cukup besar.
Kita sangat menghormati Polda yang gigih membongkar peredaran narkoba,” ujarnya.

Sementara itu pelantikan kali ini juga dimeriahkan pameran karya dari sembilan Saka Pramuka Jawa Timur, di antara dari Saka Bhayangkara, Saka Bahari, Saka Taruna Bumi, Saka Wanabakti, Saka Wana Bakti, Saka Bakti Husada serta beberapa saka lainnya.

Saka pramuka adalah satuan karya sebagai wadah pendidikan guna menyalurkan minat, mengembangkan bakat, meningkatkan pengetahuan, kemampuan, Keterampilan dan Pengalaman bagi para pramuka dalam berbagai bidang kejuruan.

Penulis : Rohman Taufik


Bagikan artikel ini