Ilustrasi (Dokumentasi/ngopibareng.id)

Dehidrasi Akut, Jemaah Haji Asal Pacitan Meninggal di Madinah

Surabaya 16 July 2019 14:33 WIB
Satu orang jemaah haji asal Jawa Timur dikabarkan meninggal dunia di Madinah, Arab Saudi. Jemaah tersebut bernama Soeratno G Mangun Wijoto (73), asal Kabupaten Pacitan.
 
Sekretaris Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya, Jamal, mengatakan jemaah yang meninggal dunia itu tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 4 Embarkasi Surabaya. 
 
“Benar, kami tadi mendapatkan informasi jemaah haji asal Pacitan kloter 4 meninggal dunia kemarin di Madinah dan dimakamkan disana," kata Jamal, Selasa, 16 Juli 2019. 
 
Jamal menambahkan berdasarkan informasi yang diterima dari Arab Saudi, bahwa Soeratno wafat pukul 10.26 WAS akibat penyakit lambung atau gastritis dan dehidrasi akut. 
 
"Penyebabnya karena dehidrasi akut dan sakit lambung,” tutur Jamal.
 
Jemaah haji yang meninggal dunia di tanah suci tersebut, kata Jamal, akan mendapatkan asuransi sesuai peraturan yang ada. Terkait besaran asuransi, pihaknya masih menunggu kepastian dari Kementerian Agama pusat.
 
Sementara itu, Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kabupaten Pacitan, Agus Hadi Prabowo mengatakan, dokter yang sempat menangani Soeratno menyebut, jemaah itu mengalami peradangan abdomen akut dan sempat dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) di Madinah sejak Minggu, 15 Juli malam.
 
"Kondisi ini diperberat dengan perubahan cuaca ekstrem dan kekurangan cairan," kata Agus. 
 
Setelah dilakukan perawatan sebagaimana mestinya, dan pengurusan administrasi dan mendapatkan Certificate of Death (Cod), almarhum kata Agus, dimakamkan di tempat pemakaman Baqi, Madinah, Arab Saudi. 
 

Penulis : Farid Rahman

Editor : Moch. Amir

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

05 Sep 2020 04:18 WIB

Haji atau Umrah, Mana Lebih Utama dan Harus Didahulukan?

Islam Sehari-hari

Berdasar penjelasan KH M Aniq Muhammadun dari Pati.

22 Aug 2020 16:00 WIB

Kabar Duka, Plt Bupati Sidoarjo Meninggal Dunia

Jawa Timur

Plt Bupati Sidoarjo disemayamkan di Pendopo Pemkab Sidoarjo.

09 Aug 2020 11:00 WIB

HAMKA Bagai Sumur Tak Habis Airnya Ditimba

Ady Amar

Tulisan Ady Amar tentang Buya HAMKA

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...