Salah satu aktivitas PCI NU United Kingdom alias Inggris Raya di London. (Foto: Munawir Aziz for Ngopibareng.id)

Dedah Ekonomi Global, PCI NU se-Dunia Sikapi Covid-19

Khazanah 04 April 2020 09:37 WIB

Pandemi Covid-19 menjadi perhatian kalangan aktivis muda, kalangan akademik dan kaum terpelajar Nahdliyin lainnya. Untuk itu, jaringan media Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) Sedunia menyelenggarakan kajian online tentang dampak Covid-19.

Diskusi ini mencoba mendedah berbagai perspektif kebijakan negara dan tren perekonomian global.

Kajian ini diselenggarakan pada Sabtu (4 April 2020), pukul 14.30-15.30 CEST atau 19.30-20.30 WIB. Kajian online ini dipandu oleh M. Rodlin Billah (Ketua PCI Nahdlatul Ulama Jerman) dengan narasumber Nicky Perdhana (Global Balance Sheet Manager KBC Group).

Nicky Perdana merupakan profesional di bidang keuangan global. ia berpengalaman dalam ekonomi internasional selama beberapa tahun. Ia juga mengabdikan diri sebagai pengurus PCI Nahdlatul Ulama Belgia.

Munawir Aziz, koordinator Jaringan Media PCI Nahdlatul Ulama Sedunia, mengungkapkan bahwa agenda ini terselenggara sebagai program silaturahmi profesional santri di level global.

"Banyak sekali profesional dan ahli dari Nahdliyyin atau santri yang berkiprah di level internasional. PCINU menjadi ruang bersama untuk silaturahmi gagasan, menginisiasi gerakan sekaligus mengenalkan kepada publik luas kiprah expert dan profesional dari kalangan santri," ungkapnya.

"Ada ribuan santri yang menjadi profesional dan expert di lintas bidang. Mereka belajar dan fokus pada pengembangan sains-teknologi, ekonomi, hukum, robotika hingga menjadi adviser politik internasional. Mereka punya gagasan-gagasan besar yang bisa dieksekusi bersama," terang Munawir Aziz, yang juga Sekretaris PCI Nahdlatul Ulama United Kingdom (PCINU UK).

Jaringan Media PCINU Sedunia menyelenggarakan diskusi online 2 mingguan, yang diikuti warga nahdliyyin sedunia. Lebih dari 30 PCI Nahdlatul Ulama berpartisipasi dalam diskusi online lintas negara, dengan menampilkan ahli-ahli dari masing-masing negara secara bergiliran.

Penulis : Riadi

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

03 Jun 2020 16:05 WIB

Lirik Chord Terjemah dan 4 Fakta Lagu Proliman Joyo Denny Caknan

Musik

Denny Cak Nan kembali merilis lagu baru berjudul Proliman Joyo (Madiun).

03 Jun 2020 15:40 WIB

Viral Ajakan Tolak Rapid Test Massal, Ini Jawaban Dokter

Kesehatan

Idealnya satu pasien memang pakai satu APD.

03 Jun 2020 15:13 WIB

Inilah 12 BUMN yang Digerojok Dana Rp 52,57 Triliun

Ekonomi dan Bisnis

Pemerintah gerojok dana Rp 52,57 triliun kepada 12 BUMN.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...