Debat Cawapres Malam Ini

17 Mar 2019 11:00 Nasional

Dua kandidat cawapres sudah menyiapkan diri untuk debat ketiga Pilpres 2019, malam ini. Dalam lima debat yang digelar Komisi Pemilihan Umum, ini adalah satu-satunya debat yang hanya mempertemukan cawapres Ma'ruf Amin dan Sandiaga Salahudin Uno. Keduanya akan saling beradu pandangan dalam debat yang akan digelar di Hotel Sultan, Jakarta, pada pukul 20.00 WIB.

Untuk debat cawapres di Pilpres 2019, KPU memilihkan tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, serta sosial dan budaya. Pembawa berita Transmedia Alfito Deannova dan Putri Ayuningtyas diplot sebagai moderator sekaligus memandu jalannya debat cawapres.

Pemilihan moderator debat ini diusulkan oleh KPU pada akhir Februari lalu dan telah disetujui baik Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf maupun Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandi, sesuai dengan Undang-undang Pemilu.

Sama seperti debat pertama dan kedua, debat cawapres ini terdiri atas enam segmen. Total waktu debat yang diperkirakan KPU berkisar 90 hingga 94 menit.

Segmen 1 adalah penyampaian visi-misi, segmen 2 dan 3 pertanyaan dari tim panelis, segmen 4 dan 5 cawapres saling bertanya, dan segmen 6 adalah pernyataan penutup.

Salah satu perubahan pada format debat cawapres adalah pada segmen dua dan tiga yaitu segmen pertanyaan panelis. Jika pada dua debat pertama, masing-masing kandidat mendapatkan pertanyaan berbeda, kali ini keduanya harus menjawab pertanyaan yang sama dari panelis.

Selain itu, KPU juga meniadakan format video pertanyaan yang digunakan di segmen kedua debat capres pada 17 Februari lalu. Seluruh pertanyaan dari tim panelis akan dibacakan oleh moderator debat.

Panelis Debat

KPU menunjuk sembilan orang pakar menjadi panelis debat cawapres. Empat di antaranya adalah rektor dari universitas ternama di Indonesia.

Mereka adalah Rektor Universitas Hasanuddin Makassar Dwia Aries Tina Pulubuhu, Rektor UIN Sunan Kalijaga Yudian Wahyudi, Rektor Universitas Diponegoro Yos Johan Utama, dan Rektor Universitas Syahkuala Samsul Rizal.

Selain itu ada Guru Besar Sastra Universitas Tanjungpura Chairil Effendy, Guru Besar FISIP USU Subhilhar, budayawan Radhar Panca Dahana, Direktur Eksekutif Migrant Care Anis Hidayah, dan Ketua Majelis Kolegium Kedokteran Indonesia David S Perdanakusuma.

Sementara itu, debat keempat akan digelar di Balai Soedirman, Jakarta pada 30 Maret mendatang. Debat hanya menampilkan capres dan bertema ideologi, pemerintahan, keamanan, serta hubungan internasional.

Debat kelima digelar di Hotel Bidakara pada 13 April, atau hanya empat hari menjelang pencoblosan. Debat kembali menampilkan pasangan capres-cawapres dan bertema ekonomi dan kesejahteraan sosial, keuangan, investasi serta industri. (yas)

Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini