Mendebarkan, Debat Capres Nanti Malam Lebih Seru

17 Feb 2019 13:55 Nasional

Persiapan debat kedua capres yang digelar di Hotel Sultan, Minggu 17 Februari 2019, mulai pk 20.00 WIB, sudah selesai. Kedua pasangan capres, Jokowi-Ma'ruf Amin dan Prabowo-Sandi, pun menanti saat menegangkan itu. Juga ditunggu dengan perasaan tegang bagi para pendukungnya.

Ketua KPU RI Arief Budiman mengatakan, pihaknya telah menggelar rapat lanjutan untuk persiapan acara hingga pengamanan.

"Persiapan KPU sudah rampung. Hari ini tinggal rapat persiapan akhir bersama Paspampres untuk mengatur jalur pengamanannya," kata Arief kepada ngopibareng.id ketika dihubungi melalui ponselnya Minggu 17 Februari 2019.

Debat kedua yang akan mempertemukan Capres nomor urut 01 Joko Widodo dan Capres nomor urut 02, Prabowo Subianto, mengangkat tema tentang energi, infrastruktur, pangan, sumber daya alam, lingkungan hidup, dan kehutanan.

Arief menyampaikan KPU sudah membahas ulang pertanyaan yang akan dilontarkan saat debat. Pembahasan ini dilakukan dengan panelis dan moderator, agar tak ada kesalahan moderator saat menyampaikan pertanyaan.

"Panelis sudah bertemu dengan moderator untuk menyampaikan maksud dari pertanyaan-pertanyaannya. Sehingga, nanti moderator tidak salah menyampaikan pertanyaan itu kepada pasangan calon," kata Ketua KPU.

Dari persiapan yang sudah matang ini, Arief berharap para capres dan cawapres turut mempersiapkan dirinya. Menurut Arief, debat ini merupakan kesempatan kedua calon untuk memaparkan program hingga visi misinya kepada masyarakat. 

"Saya berharap para capres ini sudah mempersiapkan diri dengan baik, sehingga pertanyaan-pertanyaan yang akan ditanyakan, yang telah dibuat oleh para panelis itu bisa dijawab dengan baik, dengan detil, dengan data-data yang lengkap. Sehingga tujuan debat ini nanti bisa tercapai," ungkap Arief.

"Tujuan debat itu ;kan menyampaikan visi-misi, program untuk memilih. Sehingga pemilih bisa menggunakan visi-misi itu sebagai referensi dia untuk menentukan siapa yang memang program visi misinya cocok untuk dirinya," kata Arief mengakhiri keterangannya.

Abdul Kadir Karding wakil ketua tim pemengan nasional Jokowi - Ma'ruf Amin menyatakan 'Jagonya' sudah siap lahir batin mengahadapi debat nanti malam. Ungkapan yang sama juga diungkapkan direktur debat Badan Pemenangan Nasional BPN Prabowo Sandi, Sudirman Sandi.

"Debat nanti malam, debat yang titunggu tunggu Pak Prabowo," kata mantan Mentri ESDM tersebut. (asm)

Penulis : Asmanu Sudharso
Editor : Riadi


Bagikan artikel ini