Debat Capres Keempat Bentrok dengan Earth Hour

30 Mar 2019 11:06 Nasional

Setiap tahun ada perayaan mematikan lampu (switch off ceremonial) dalam rangka gerakan Hari Bumi (Earth Hour). Momen mematikan lampu selama satu jam sebagai salah satu usaha mencegah bumi dari perubahan iklim dan kerusakan lingkungan akan digelar nanti malam, Sabtu 30 Maret 2019.

Ada sebanyak 7.000 kota di 180 negara bakal mematikan lampu mulai 20.30 hingga 21.30 waktu setempat. Yang menarik pada tahun ini sebanyak 12 area dan monumen ikonik di sleuruh dunia juga akan ikut mematikan lampu selama satu jam.

Belasan ikon dunia yang ikut serta dalam gerakan Earth Hour tahun ini antara lain Menara Eiffel (Paris), Empire State Building (New York), Big Ben (London), Victoria Harbour (Hong Kong), Piramida Giza (Mesir), Colosseum (Italia), Acropolis (Yunani), Gedung Opera Sydney (Australia), Istana Kremlin (Rusia), Burj Khalifa (Dubai), Grand Palace (Thailand), dan Shanghai Tower (China).

Tahun ini Earth Hour mempromosikan tema menjaga keanekaragaman hayati dengan tagar #Connect2Earth. Indonesia sendiri sudah ke-11 kalinya turut merayakan Earth Hour. Namun, gelaran tersebut bentrok dengan Debat Capres Keempat. Debat digelar 20.00 WIB hingga 22.00 WIB.

"Prinsipnya kami menghormati aksi global ini untuk mematikan lampu selama satu jam, tetapi kita arahkan kegiatan tersebut memilih jam yang berbeda dengan jam tayang debat. Matikan lampu bisa sebelum atau sesudah Debat Capres," ujar Komisioner KPU, Wahyu Setiawan. (yas)

Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini