Wakil Gubernur Jatim, Emil Elestianto Dardak, ketika datangi asrama isolasi bagi pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Trenggalek (Foto: Istimewa)
Wakil Gubernur Jatim, Emil Elestianto Dardak, ketika datangi asrama isolasi bagi pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Trenggalek (Foto: Istimewa)

Datangi Asrama Isolasi, Emil Apresiasi Pemkab Trenggalek

Ngopibareng.id Jawa Timur 23 January 2021 23:45 WIB

Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim), mengunjungi asrama isolasi bagi pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Trenggalek, pada Sabtu, 23 Januari 2021.

Wakil Gubernur Jatim, Emil Elestianto Dardak mengatakan, bahwa asrama tersebut berdampak positif. Sebab sangat berpengaruh pada tingkat kepatuhan isolasi bagi pasien Covid-19.

Pasalnya, kata Emil, lokasi tersebut selalu dipantau oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Satgas Covid-19 setempat. Oleh karena itu, menurut dia, pembangunan asrama serupa disarankan untuk setiap daerah.

"Jadi sebenarnya ini sangat disarankan," kata Emil, melalui rilis resminya usai mengunjungi Asrama Covid-19 yang berada di Jalan Brigjen Sutran No. 1 Kab. Trenggalek, Sabtu, 23 Januari 2021.

Menurut Emil, isolasi yang difasilitasi oleh Pemda setempat akan berdampak positif bagi para pasien. Sebab, dari mulai makanan yang dikonsumsi serta rutinitas yang dilakukan akan selalu dipantau.

"Sebenarnya isolasi yang difasilitasi di asrama seperti ini, programnya terstruktur, nutrisinya, kemudian juga rutinitas, dan juga perkembangan kesehatan masing-masing juga dipantau," jelasnya.

Emil menyarankan, agar Pemkab Trenggalek dan Satgas Covid-19 setempat untuk mempertimbangkan agar pasien Covid-19 dengan CT rendah tanpa gejala klinis bisa dialihkan ke asrama tersebut.

Sedangkan bagi pasien yang CT-nya tinggi, lanjut Emil, bisa mendapatkan perawatan di RSUD Soedomo yang memang dijadikan sebagai rumah sakit rujukan Covid-19 di Kabupaten Trenggalek.

Emil juga mengimbau agar masyarakat tidak lagi memberikan stigma negatif bagi para penyintas Covid-19. Karena menurut dia, Covid-19 bukanlah aib dan siapa pun bisa terpapar tanpa memandang latar belakang seseorang.

"Kita sudah lewat masanya stigma, jangan lagi kita mengasumsikan orang yang kena Covid-19 itu A B C, karena kepada siapapun bisa kena, ya siapapun bisa kena Covid-19," tutupnya.

Penulis : Andhi Dwi Setiawan

Editor : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

02 Mar 2021 01:00 WIB

Sunggyu INFINITE Putus Kontrak dengan Woollim Entertainment

ngopiK-pop

Kontrak Sunggyu INFINITE dengan agensi berakhir 6 Maret.

02 Mar 2021 00:43 WIB

Glenca Chysara "Elsa Ikatan Cinta" Rekaman Lagu Tanpa Batas

Musik

Glenca Chysara rekaman soundtrack sinetron Ikatan Cinta.

02 Mar 2021 00:28 WIB

Pemeran Elsa di Sinetron Ikatan Cinta Pamit dari Instagram

Gosip Artis

Untuk sementara akun Instagram pemeran Elsa itu dipegang manajemen.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...