Joe Biden dan Kemala Harris, Presiden-Wakil Presiden Terpilih AS hasil Pilpres 2020. (Foto: the guardian)
Joe Biden dan Kemala Harris, Presiden-Wakil Presiden Terpilih AS hasil Pilpres 2020. (Foto: the guardian)

Dari Pesohor Dunia, Ini 7 Ucapan Selamat Terawal untuk Biden

Ngopibareng.id Internasional 08 November 2020 08:03 WIB

Joe Biden dari Partai Demokrat merebut kursi kepresidenan AS, setelah hasil Pilpres Amerika Serikat diumumkan Sabtu, 7 November 2020 waktu AS.

Joe Biden presiden terpilih berpasangan Kemala Harris wakil presiden terpilih, menang tipis sebanyak 50,5 persen suara. Biden-Kemala mengalahkan petahana Donald Trump dari Partai Republik.

Berita Joe Biden menang disambut warga yang menuntut janji kampanye ditunaikan antara lain memerangi pandemi virus corona, dan memperbaiki ekonomi di negara yang terpecah.

Berikut tujuh Ucapan Selamat paling awal untuk Joe Biden, dari tokoh dunia hingga mantan Presiden AS

1. PM Kanada

Berikut adalah reaksi dari Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, dalam akun Twitter miliknya, @JustinTrudeau.

“Atas nama Pemerintah Kanada, saya mengucapkan selamat kepada Joe Biden dan Kamala Harris atas terpilihnya mereka sebagai Presiden dan Wakil Presiden Amerika Serikat berikutnya. Kanada dan Amerika Serikat menikmati hubungan yang luar biasa - yang unik di panggung dunia. ”

Dia menyatakan, berharap dapat bekerja sama dengan Presiden terpilih Biden, Wakil Presiden terpilih Harris, pemerintahan mereka, dan Kongres Amerika Serikat saat kita menangani tantangan terbesar dunia bersama-sama.

2. Presiden Palestina

Sementara laporan Reuters dari negeri Palestina, tidak ada tanggapan dari Presiden Palestina Mahmoud Abbas setelah Joe Biden menang sesuai hasil Pilpres Amerika Serikat.

Dunia tengah menantikan keputusan penting pertama yang dihadapi Abbas, apakah dia akan melanjutkan kontak politik dengan Amerika Serikat.

Tiga tahun lalu Abbas memutuskan kontak dengan Gedung Putih Presiden Donald Trump, menuduhnya bias pro-Israel atas keputusan Trump untuk memutuskan kebijakan AS selama puluhan tahun, dengan mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel dan memindahkan Kedutaan Besar AS ke kota tersebut.

"Kami tidak mengharapkan transformasi ajaib, tetapi setidaknya kami mengharapkan kebijakan merusak yang berbahaya dari Trump benar-benar berhenti," kata Hanan Ashrawi, anggota Komite Eksekutif Organisasi Pembebasan Palestina.

3. Obama di Twitter

Sorak sorai di Twitter dan Instagram menyambut hasil Pilpres Amerika Serikat, yang menyatakan Joe Biden menang.

“Saya sangat bangga bisa mengucapkan selamat kepada Presiden kita berikutnya, Joe Biden, dan Ibu Negara kita berikutnya, Jill Biden. Saya juga sangat bangga mengucapkan selamat kepada Kamala Harris dan Doug Emhoff atas terobosan terpilihnya Kamala sebagai Wakil Presiden kita berikutnya,” cuit Mantan Presiden AS Barack Obama.

“Saya tahu dia akan berhasil demi kepentingan terbaik setiap orang Amerika, terlepas dari apakah dia memiliki hak suara atau tidak. Jadi saya mendorong setiap orang Amerika untuk memberinya kesempatan dan memberinya dukungan. Hasil pemilu di setiap tingkat menunjukkan bahwa negara ini tetap terpecah belah," tuturnya.

4. Bill Clinton

Sementara itu, mantan Presiden AS lain Bill Clinton dalam akunnya @BillClinton:

“Amerika telah berbicara dan demokrasi telah menang. Sekarang kita memiliki Presiden Terpilih dan Wakil Presiden Terpilih yang akan melayani kita semua dan menyatukan kita semua. Selamat kepada Joe Biden dan Kamala Harris atas kemenangan penting Anda! ”

“Rosalynn bergabung dengan saya untuk memberi selamat kepada teman-teman kita Presiden terpilih Joe Biden dan Wakil Presiden terpilih Kamala Harris. Kami bangga dengan kampanye mereka yang berjalan dengan baik dan berharap untuk melihat perubahan positif yang mereka bawa untuk bangsa kita,” cuit akun Jimmy Carter, mantan presiden AS.

5. Hillary Clinton

Hillary Clinton, mantan rival Trump juga mengucap selamat atas Joe Biden menang terpilih dalam Pilpres AS.

“Para pemilih sudah berbicara, dan mereka telah memilih @JoeBiden dan @Kamalaar Untuk menjadi presiden dan wakil presiden kita berikutnya. Itu adalah tiket pembuatan sejarah, penolakan Trump, dan halaman baru untuk Amerika. Terima kasih untuk semua orang yang telah membantu mewujudkannya. Maju, bersama. "

6. Lady Gaga

Tak ketinggalan artis dan penyanyi Lady Gaga yang mengapresiasi adanya perempuan peretama yang menjadi wakil presiden AS (VP) .

“@JoeBiden @KamalaHarris dan rakyat Amerika, Anda baru saja memberi dunia salah satu tindakan kebaikan dan keberanian terbesar yang pernah dilihat umat manusia. tidak lain adalah cinta untuk Panglima Tertinggi kami yang baru dan VP wanita ke-1 yang terpilih ke Gedung Putih. Juga, membuka jalan ke PA. ”

7. CEO Amazon

“Persatuan, empati, dan kesusilaan bukanlah karakteristik zaman dulu. Selamat Presiden terpilih @JoeBiden dan Wakil Presiden terpilih @KamalaHarris. Dengan memberikan suara dalam jumlah besar, rakyat Amerika kembali membuktikan bahwa demokrasi kita kuat," ucap Jeff Bezos, CEO Amazon.

Penulis : Riadi

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

18 Jan 2021 10:38 WIB

Erupsi Gunung Semeru, 9 Kecamatan Diguyur Hujan Abu Vulkanik

Warta Bumi

Hujan abu vulkanik dampak dari erupsi Gunung Semeru.

18 Jan 2021 10:27 WIB

PMI Kirim Bantuan Sandang Untuk Korban Gempa Sulbar

Nasional

PMI kirim bantuan untuk korban gempa Sulbar.

18 Jan 2021 10:17 WIB

80 Lebih Jiwa Melayang, Bentrokan di Sudan Makin Mengganas

Internasional

Bentrok antarsuku menjadi persoalan besar

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...