ilustrasi pantauan arus kendaraan saat mudik lebaran 2018. (foto: ist)

Dari Evaluasi Mudik dan Balik Lebaran, Gubernur Jatim: Tahun Ini Lebih Tertata

21 Jun 2018 15:01

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Usai mudik dan balik lebaran 2018, Gubernur Jatim Soekarwo menilai tahun ini lebih lancar dan tertata. Meski ada sedikit kemacetan, namun kata pria yang akrab disapa Pakde Karwo itu sangatlah wajar.

"Memang ada macet-macet sedikit untuk arus mudik tahun ini. Namun lebih lancar, lebih tertata dibandingkan tahun lalu," ujar Soekarno di Kantor Gubernur Jalan Pahlawan Surabaya, Kamis 21 Juni 2018.

Pakde Karwo juga memprediksi untuk mudik tahun depan, dirinya bisa meyakini bahwa akan jauh lebih baik. Karena melihat saat ini sudah lancar dan aman. "Dan Insha Allah tahun depan lebih lancar lagi," panjutnya.

Ditempat yang berbeda, Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin mengatakan hal senada dengan Pakde Karwo, yakni dari evaluasi yang dipaparkan Dirlantas Polda Jatim, ada penurunan jumlah kecelakaan hingga pelanggaran saat pelaksanaan Operasi Ketupat Semeru 2018.

"Secara umum kita lihat relatif lancar. Evaluasinya semuanya menurun. Dan kami prediksi tahun ini jauh lebih baik ketimbang kemarin," ucap Kapolda.

Menurut Machfud, angka kecelakaan san jumlah pelanggaran juga menurun cukup signifikan. Terlihat dari angka meninggal dunia dan kecelakaan tahun ini yang selisihnya cukup jauh dibanding tahun lalu.

"Alhamdulillah menurun, datanya saya lupa tapi cukup signifikan penurunannya, untuk angka meninggal dunia hingga kecelakaan dibanding angka tahun lalu itu selisihnya cukup jauh," kata Machfud. (hrs)