Darah Tinggi Dan Diabetes Bisa Sebabkan Glaukoma, Ini Penjelasan

22 Jan 2019 04:30 SapaDokter

Penyakit mata glaukoma "Si Pencuri Penglihatan" biasanya terjadi pada orang yang berusia lanjut. Banyak orang beranggapan kalau gangguan mata ini disebabkan karena penyakit darah tinggi atau diabetes, benarkah hal ini?

Dokter Dewi Rosa Rina Sp.M dari Rumah Sakit Mata Undaan Surabaya (RSMU), menjelaskan kurang tepat bila mengkaitankan kedua penyakit di atas dengan gangguan mata glaukoma.

"Darah tinggi maupun diabetes bukan merupakan faktor resiko mutlak terjadinya glaukoma, kedua penyakit ini biasanya akan menyebabkan komplikasi lain dimata misalnya retina dari sinilah biasanya bisa terjadi glaukoma," ujar Dewi

Lanjut Dewi, bukan serta merta orang yang terkena darah tinggi atau diabetes di kemudian hari akan terkena glaukoma juga.

"Sebenarnya bukan diabetes atau darah tinggi yang sebabkan glaukoma, penyakit itu hanya bisa menyebabkan glaukoma sekunder, dia akan menyebabkan glaukoma jika sudah ada penyakit lain dimatanya. Artinya tidak langsung menyebabkan," kata Dewi.. 

Kalau memang tidak komplikasi dimata yang disebabkan oleh kedua penyakit ini, glaukoma juga tidak akan terjadi. Menurut dokter spesialis mata sub spesialis glaukoma menambahkan glaukoma sendiri disebabkan oleh kelainan anatomi dan menumpuknya cairan Aqueous Humor di bilik mata sehingga tekanan bola mata menjadi tinggi.

 

"Jadi jangan pernah beranggapan orang yang terkena darah tinggi dan diabetes pasti terkena glaukoma, itu belum tentu dan tidak ada hubungan langsung antara keduanya," katanya. (pts)

Penulis : Pita Sari
Editor : Witanto


Bagikan artikel ini