Stasiun Gubeng. (Foto: Faris/ngopibareng.id)

Daop 8 Surabaya Prediksi Arus Balik Nataru Berakhir Malam Ini

Reportase 03 January 2020 20:00 WIB

PT KAI Daop 8 Surabaya memprediksi arus balik Natal dan tahun baru (Nataru) 2019/2020 akan selesai pada malam ini, Jumat 3 Januari 2020. Hal itu diungkapkan oleh Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Suprapto.

Menurutnya, arus balik Nataru berbeda dengan arus balik saat bulan Ramadan maupun Idul Fitri. Jika saat Ramadan atau Idul Fitri arus balik menjadi satu arah, yakni dari daerah lain menuju Kota Surabaya.

Namun karakteristik arus balik Nataru adalah dua arah. Sehingga baik kedatangan ataupun keberangkatan akan ramai.

"Kami prediksi ya hari ini terakhir arus balik Nataru. Tapi ini karakteristiknya beda, dua arah ramai. Jadi stasiun akan ramai yang datang dan berangkat. Bukan hanya bejubel untuk kedatangan," kata Suprapto kepada Ngopibareng.id, Jumat 3 Januari 2020.

Menurut data dari PT KAI Daop 8 Surabaya, hingga saat ini sudah ada 33 ribu penumpang baik datang maupun pergi yang memadati empat stasiun utama Surabaya, yakni Surabaya Gubeng, Surabaya Wonokromo, Surabaya Pasar Turi, dan Surabaya Kota.

"Data kami mencatat sebanyak itu. Namun bisa naik terus hingga pukul 24.00 nanti. Jadi kemungkinan kurang lebih bisa tembus 40 ribu orang," katanya.

 

Dengan kepadatan tersebut, Suprapto mengaku PT KAI Daop 8 Surabaya sudah menyiapkan pengamanan di stasiun agar masyarakat merasa aman dan nyaman saat berada di empat stasiun tersebut. Yakni dengan menyiapkan 400-600 tenaga keamanan yang disebar di empat stasiun Surabaya, dan bekerja selama 24 jam.

"Kami sudah siapkan pengamanan untuk di stasiun utama. Ada ratusan orang yang bekerja bergantian atau shift untuk menjaga stasiun agar aman dan nyaman. Empat titik yang kami pantau keamanannya adalah keamanan di dalam stasiun, keamanan di atas kereta api, keamanan di sepanjang jalur kereta api, dan juga keamanan aset vital yang terkait dengan operasional perjalanan kereta api," katanya.

Ia berharap, para penumpang bisa nyaman saat datang atau pergi dari empat stasiun di Kota Surabaya tersebut.

"Saya berharap tidak terjadi apa-apa di hari ini. Semoga semua aman, penumpang juga nyaman," katanya.

Penulis : Alief Sambogo

Editor : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

30 Mar 2020 02:15 WIB

Survei Sebut Prabowo Kinerjanya Paling Baik

Nasional

Lembaga survei Charta Politika  mempublikasikan hasil survei kinerja

30 Mar 2020 01:18 WIB

Tiga Hal Ini Disebut Bisa Tularkan Covid-19

Nasional

Bisa tularkan covid-19 kepada lansia.

30 Mar 2020 00:20 WIB

Peneliti ini Klaim Obatnya Sembuhkan Puluhan Pasien Covid-19

Internasional

Peneliti klaim obatnya bisa sembuhkan pasien covid-19

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.