Rektor UB, Nuhfil Hanani ketika ditemui di Graha Rektorat UB (Foto: Lalu Theo/Ngopibareng.id)

Alasan UB Meminta Mahasiswanya Tak Pulang akibat Pandemi Corona

Pojok Unibraw 14 March 2020 14:55 WIB

Universitas Brawijaya Malang sedang menimbang rencana melakukan kuliah jarak jauh atau online serta menunda prosesi wisuda, sebagai upaya mencegah penyebaran virus corona di dalam kampus. UB juga meminta mahasiswa agar tak pulang ke kampung halaman masing-masing.

Perkuliahan jarak jauh secara online tersebut direkomendasikan oleh tim Satgas Covid-19 UB. Namun Rektor UB, Nuhfil Hanani masih mempertimbangkan usulan tersebut dan akan mengeluarkan keputusan pada Senin 16 Maret 2020 nanti.

"Memang dianjurkan (Satgas Covid-19) untuk dilakukan secara online tapi mahasiswanya jangan pulang ke daerahnya. Lebih baik di sini saja dulu, Kota Malang kan aman (virus corona)," terangnya pada Sabtu 14 Maret 2020.

Nuhfil sekaligus membantah bahwa kegiatan belajar-mengajar di UB ditiadakan karena adanya wabah virus corona. "Perlu ada bukti yang nyata terlebih dahulu. Sehingga kami belum membuat langkah untuk menutup (kegiatan belajar-mengajar) di kampus ini," ujarnya.

Sementara untuk rencana penundaan prosesi wisuda sendiri kata Nuhfil, akan dibahas oleh UB pada Minggu 15 Maret 2020, besok malam. "Sementara ini usulan dari Satgas Covid-19 ke saya diganti mengambil ijazah di masing-masing fakultas. Acara prosesi wisudanya diganti bulan berikutnya," tuturnya.

Seperti diberitakan oleh Ngopibareng.id sebelumnya, untuk mengantisipasi mewabahnya virus corona atau covid-19, Universitas Brawijaya (UB), Malang, Jawa Timur, melalui surat edaran Rektor UB memberlakukan kebijakan pelarangan bepergian ke luar negeri bagi civitas akademika UB.

Selain itu, UB melalui surat edaran rektor juga mengeluarkan instruksi mengenai penundaan seluruh kegiatan yang melibatkan keramaian, salah satu contohnya seperti seminar. Penundaan ini berlaku sampai batas waktu yang belum ditentukan.

Penulis : Lalu Theo Ariawan Hidayat Kabul

Editor : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

04 Jun 2020 15:55 WIB

New Normal, Pedagang Kacang Olehsari Banyuwangi Mulai ke Bali

Feature

Desa Olehsari, asal pedagang kacang rebus Keliling di Bali.

04 Jun 2020 15:25 WIB

Jadwal Tes Rapid dan Swab Massal di Surabaya Hari Ini

Surabaya

Ini jawal rapid dan dan tes swab massal di Surabaya, Kamis 4 Juni 2020.

04 Jun 2020 15:16 WIB

Pernyataan Sikap Habaib, Ulama dan Tokoh Madura: Tolak RUU HIP

Nasional

Pernyataan sikap para habaib, ulama dan tokoh masyarakat Madura.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...