Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. (Foto: Istimewa)

Khofifah Janjikan Bantuan Langsung Tunai Cair sebelum Ramadhan

Jawa Timur 17 April 2020 20:54 WIB

Setiap keluarga penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) di Jawa Timur, akan memperoleh bantuan sebesar Rp 600 ribu per bulan. Bantuan ini akan dibayarkan untuk tiga bulan langsung, sehingga jumlah yang akan diterima sebesar Rp1,8 juta.

"BLT diberikan selama tiga bulan. Mulai dari April hingga Juni. Skemanya non tunai atau cashless," ungkap Khofifah di Gedung Negara Grahadi, Jum'at 17 April 2020.

Total anggaran yang digunakan untuk menyalurkan BLT ada Rp2,322 Triliun. Bantuan tersebut akan diberikan kepada 1.286.374 Rumah Tangga Miskin (RTM) yang terdampak Covid-19. Yang diharapkan untuk tahap pertama, diupayakan dapat keluar sebelum bulan Ramadan.

Khofifah mengatakan, ada sejumlah kriteria rumah tangga yang berhak atas BLT tersebut. Antara lain, keluarga miskin non Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) , belum mendapatkan Program Keluarga Harapan (PKH), nonpra kerja yang kehilangan mata pencaharian, dan mempunyai anggota keluarga yang rentan sakit menahun/kronis.

 

Selain itu, realokasi dana desa ini juga sebuah bentuk dari Jaring Pengaman Sosial (JPS) kepada masyarakat guna mengurai dampak ekonomi akibat Covid-19 di Jawa Timur.

"Kami berharap BLT ini dapat meringankan beban warga desa yang terdampak Covid-19," ujarnya.

Untuk itu, Khofifah menegaskan kepada seluruh kepala desa dan pemerintah Kabupaten dan Kota untuk segera merampungkan data penerima BLT di setiap wilayah di Jawa timur.

"Basis pendataan di RT/RW yang dilakukan oleh relawan desa lawan Covid-19. Selanjutnya dibawa ke musyawarah desa untuk validasi finalisasi dan penetapan penerima BLT. Data yang sudah ditandatangani Kades tersebut lalu disahkan oleh bupati atau walikota atau camat selambatnya lima hari kerja,"katanya.

Selain itu, Khofifah juga mengingatkan agar pemerintah desa dapat teliti dan cermat terkait pendataan BLT kali ini sehingga tidak ada timbang tindih nantinya.

"Aparat desa harus teliti menentukan siapa-siapa yang berhak menerima BLT ini. Jangan sampai ada yang terlewat atau malah double-double dapat bantuannya," tandasnya.

Penulis : Ni'am Kurniawan

Editor : Moch. Amir

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

14 Aug 2020 11:40 WIB

Presiden Jokowi Sindir Media Jangan Hanya Kejar Click dan Like

Nasional

Semestinya, media tidak dikendalikan teknologi.

14 Aug 2020 11:20 WIB

Naskah Pidato Presiden Joko Widodo dalam Sidang Tahunan MPR 2020

Nasional

Berbagai terobosan disampaikan presiden dalam menghadapi pandemi covid-19.

14 Aug 2020 11:03 WIB

Presiden Ajak Momentum Krisis untuk Kejar Ketertinggalan

Nasional

Presiden ajak bangsa membajak momentum krisis ini raih cita-cita.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...