Ilustrasi pantauan lalu lintas di arus balik lebaran 2018. (foto: ist

Dalam Dua Hari, Sebanyak 120.000 Kendaraan Tinggalkan Jatim

21 Jun 2018 21:35

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Pihak Kepolisian Jawa Timur telah mencatat pada tanggal 19 hingga 20 Juni 2018 telah ada 120.000 kendaraan yang keluar saei Jatim. Hal itu ditengarai lantaran di hari tersebut merupakan puncak arus balik, sebelum memulai pekerjaan di hari Kamis.

"Datanya sekitar 120.000 yang melewati Jatim untuk pulang ke daerah Jateng maupun Jakarta. Serta kendaraan, masih padat sekali di beberapa ruas jalan," kata Kabid Humas Polda Jatim, Fans Barung Mangera, Kamis 21 Juni 2018.

Barung menyampaikan dalam data itu, banyak menjumpai kepadatan untuk arus balik ini juga terjadi ke arah luar Jawa Timur. Misalnya saja banyak pemudik yang kembali ke Jawa Tengah, Jawa Barat, hingga Jakarta.

"Kami harus mengakui bahwa banyak masyarakat yang kembali ke Jateng, Jabar dan paling banyak ke Jakarta mengalami kepadatan," tambahnya.

Tak hanya soal itu, kata Barung, saat ini persimpangan jalan hingga di sejumlah ruas jalan tol dan jalan arteri juga mendapat pengamanan ketat. Karena di beberapa lokasi itu masih terjadi kepadatan arus balik.

"Kemarin Kapolda serta Wakapolda Jatim telah bersama-sama mengecek bergantian pada tanggal 17 sampai 20 Juni 2018, dalam pengecekan itu memang arus meningkat," ujar Barung. (hrs)