PWM Jatim dan Pengurus Semeru FC. (Foto: PWM Jatim)
PWM Jatim dan Pengurus Semeru FC. (Foto: PWM Jatim)

Dakwah Lewat Sepak Bola, Muhammadiyah Akusisi Klub Liga 2

Ngopibareng.id Bola Kultural 26 February 2020 21:49 WIB

Ormas keagamaan Muhammadiyah mengepakkan sayapnya. Melalui Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jatim, Muhammadiyah resmi mengakuisisi klub promosi Liga 2, Semeru FC.

Ketua Persatuan Sepakbola Hizbul Wathan (PSHW) Muhammadiyah Jatim, Dhimam Abror, membenarkan bahwa pihaknya telah mengakuisisi klub yang sebelumnya bermarkas di Lumajang itu sejak Senin 24 Februari 2020 lalu.

“Iya benar, kami sudah mengakuisisi klub tersebut. Nanti klub ini akan memakai nama Persigo Semeru Hizbul Wathan, tapi disingkat PS Hizbul Wathan penyebutannya,” terang Abror.

Klub ini akan berlaga di Liga 2 nasional tahun ini. PWM Jatim berharap PS Hizbul Wathan tak hanya menyasar target, tapi juga berkontribusi secara moral. “Intinya kami ingin berkontribusi di bidang olahraga dengan cara yang baik, bukan dengan uang, tapi dengan aspek moral," terang mantan Ketua Harian KONI Jatim tersebut.

Menurut Abror, PWM memang memiliki perhatian lebih terhadap kondisi sepak bola nasional akhir-akhir ini, terutama terkait suap menyuap, pengaturan skor dan keterlibatan bandar judi di sepak bola.

Ia pun berharap, semua elemen di sepak bola Tanah Air, seperti pengurus, pemain, suporter dan semua yang terlibat dalam sepak bola nasional bisa menjunjung tinggi nilai-nilai fair play dan sportivitas. Sehingga ke depan, kasus yang sempat menyeret petinggi sepak bola Indonesia dan sejumlah pengurus klub tidak terjadi lagi.

"Harapannya nanti lahir pemain-pemain profesional yang berakhlak mulia, tidak mudah disuap, tidak gampang menjual diri, suporternya juga bisa kemudian betul-betul konstruktif tidak anarkistis. Kalah dan menang dalam sepak bola itu biasa, karena ini permainan," terangnya.

Home Base dan Sponsor

Karena sudah diakuisi, klub ini tak lagi bermarkas di Stadion Semeru, Kota Lumajang. Mereka akan boyongan ke Sidoarjo dan bermarkas di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo.

“Kebetulan Deltras hanya ikut Liga 3 Jatim. Karena jadwal penggunaan stadion ini banyak yang kosong, maka kami gunakan sebagai markas PS Hizbul Wathan. Sekalian untuk memberikan hiburan masyarakat Sidoarjo,” terang Abror.   

Soal sponsorship, rencananya PS Hizbul Wathan akan disokong tujuh Universitas Muhammadiyah, serta jaringan rumah sakit Muhammadiyah di seluruh Jatim yang tergabung dalam Amal Usaha Muhammadiyah (AUM). “Soal pendanaanya nanti juga ada dari para donatur di Jatim yang juga tergabung dalam AUM,” ujar Abror.

Susunan Direksi PS Hizbul Wathan: 

CEO: Dhimam Abror Djurait

Direktur Komersial: Mohammad Mirdasy

Direktur Operasional dan Manajer: Suli Da’im

Penulis : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

01 Mar 2021 22:20 WIB

Piala Menpora, Persebaya Bertumpu pada Pemain Muda

Liga Indonesia

Persebaya sudah ditinggal 10 pemain andalan

01 Mar 2021 22:10 WIB

Sinopsis He Who Dares: Melumpuhkan Aksi Teroris

Film

Film He Who Dares akan tayang di Bioskop Trans TV.

01 Mar 2021 22:00 WIB

Eri Cahyadi Blusukan Cek Gorong-gorong, Jongkok hingga Ndlosor

Surabaya

Walikota Surabaya Eri Cahyadi pantau gorong-gorong yang tersumbat.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...