PESAN: Dadang Kahmad, Ketua PP Muhammadiyah bidang Pustaka dan Informasi. (foto: ist)
PESAN: Dadang Kahmad, Ketua PP Muhammadiyah bidang Pustaka dan Informasi. (foto: ist)

Dakwah di Era Digital, Cara Lain Ditempuh Muhammadiyah

Ngopibareng.id Khazanah 26 February 2018 17:39 WIB

Jenis dakwah yang digaungkan oleh  Muhammadiyah adalah dakwah pencerahan dan berkemajuan. Dalam penerapannya, cakupan dakwah Muhammadiyah adalah kelas menengah ke atas, sehingga untuk efektivitas dakwah, Muhammadiyah perlu memakai strategi yang sesuai dengan karakter segmen.

Hal tersebut seperti dikatakan Dadang Kahmad, Ketua PP Muhammadiyah bidang Pustaka dan Informasi. Dadang mengatakan, Muhammadiyah harus lebih jeli lagi dalam melihat peluang dakwah. Misalnya dalam era saat ini, digital menjadi sesuatu yang besar, hal itu bisa dimanfaatkan juga untuk keperluan dakwah.

“Era digital ini, media sosial contohnya, perlu dipergunakan untuk dakwah, karena orang saat ini lebih memilih untuk melibatkan gawainya setiap hari,” ujarnya, dalam keterangannya diterima ngopibareng.id, Senin (26/2/2018).

Dadang melanjutkan, Muhammadiyah akan meningkatkan efektivitas semua media untuk keperluan dakwah. Misalnya, Muhammadiyah mulai meningkatkan penyebaran tulisan-tulisan terkait ajaran Muhammadiyah secara digital.

“Kita harus mewarnai konten dakwah digital, agar tidak terus tertutupi oleh syiar islam yang radikal, kita harus mewarnai konten islami yang lurus. Pendekatan dakwah saat ini harus melibatkan media sosial, sehingga akan terbentuklah dakwah pencerahan era digital,” ungkapnya, saat menjadi narasumber pada Seminar dan Konsolidasi Nasional Media Muhammadiyah pada Ahad (25/2) di Aula Grha Suara Muhammadiyah. (adi)

Penulis : Riadi

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

26 Oct 2020 21:04 WIB

Aisyiah Harus Dipahami Utuh dan Kontekstual, Ini Faktanya

Khazanah

Bagi Muhammadiyah perempuan memiliki peran di masyarakat

26 Oct 2020 18:59 WIB

Bangun Kekuatan, Aisyiyah Perlu Dibedah dari Luar

Khazanah

Tradisi besar ‘Aisyiyah tidak cukup hanya didiskusikan secara internal

26 Oct 2020 15:42 WIB

BEM Malang Raya akan Terus Demo Jika Perppu Tak Keluar November

Jawa Timur

BEM Malang janji akan membawa massa aksi dalam jumlah banyak.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...