Daftar Tol Gratis Selama Libur Natal dan Tahun Baru

02 Dec 2019 22:00 Nasional

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono membeberkan pemerintah akan membuka sejumlah tol secara fungsional untuk hari libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru). Karena fungsional, pengendara gratis melewati tol tersebut.

Basuki mengatakan total panjang jalan tol yang akan dibuka fungsional selama libur Nataru ialah 134,5 kilometer (km)

"Itu (134,5 km) kalau fungsional nggak ada tarifnya, ya gratis," kata Basuki usai menghadiri rapat kerja dengan Komisi V DPR RI, Jakarta, Senin 2 Desember 2019.

Jumlah tersebut tersebar di beberapa lokasi. Berikut daftar tol yang dapat digunakan pemudik Nataru tanpa tarif:

1. Ruas tol Kayu Agung-Palembang-Betung sepanjang 33 km,

2. Ruas tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 9,5 km,

3. Ruas tol Balikpapan-Samarinda sepanjang 66 km,

4. Ruas tol Manado-Bitung sepanjang 26 km.

Selain itu, Kementerian PUPR juga akan membuka ruas tol Jakarta Cikampek II atau elevated (layang) pada 15 Desember. Tol layang terpanjang di Indonesia itu juga akan beroperasi secara gratis selama libur Nataru ini.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa pihaknya akan mulai membatasi operasional truk angkutan barang.

Pembatasan truk angkutan barang ini akan dilaksanakan mulai tanggal 20-21 Desember, 25 Desember, dan 31 Desember hingga 1 Januari 2020.

"Kami memang usaha lakukan upaya meningkatkan kualitas. Apa yang dilakukan di antaranya membatasi operasi mobil angkutan barang tanggal 20, 21, 25, 31 Desember, dan 1 Januari," kata Budi Karya.

Pembatasan kendaraan angkutan barang itu dilakukan untuk memaksimalkan lalu lintas kendaraan pemudik saat Nataru.

Selain itu, pihaknya juga akan melakukan inspeksi terhadap kendaraan kelebihan dimensi dan muatan atau ODOL (over dimension and over load). Hal itu sejalan dengan pengecekan sarana dan prasarana transportasi darat oleh Kemenhub.

Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini