Freedom Cycling Club, salah satu penggalang dana Bantu Tanggulangi Covid-19 (foto Istimewa)

Cyclist Surabaya Galang Dana Bantu Penanggulangan Covid-19

Jawa Timur 24 March 2020 06:29 WIB

Pandemi Virus Corona alias Covid-19 yang mulai mewabah di Indonesia menyedot keprihatinan banyak pihak. Salah satunya komunitas cyclist Surabaya. Para penggila sepeda ini menggalang dana untuk membantu penanggulangan pendemi di kota ini.

Bekerja sama dengan ngopibareng.id, Otak-Otak, dan Kagama Jatim, mereka sejak seminggu lalu mengumpulkan sumbangan dari para anggotanya. "Dananya nanti akan kita peruntukkan untuk membantu Rumah Sakit yang menjadi rujukan perawatan Covid-19," kata Dewo Pratomo dari Otak-Otak, Event Organizer.

Pandemi virus Corona tidak hanya menjadikan kegiatan ekonomi di kota ini mandeg. Sejumlah rumah sakit yang ditunjuk menjadi rujukan perawatan pasien Covid-19 kerepotan karena kekurangan alat penunjang medis. Mulai APD (Alat Pelindung Diri) untuk para dokter dan paramedis sampai dengan penunjang lainnya.

"Inisiatif ini muncul sejak minggu lalu. Ketika kasus Virus Corona mulai merambah Surabaya dan sejumlah kota di Jawa Timur. Nah, dari ngobrol bareng dengan para cyclist muncul ide menggalang dana  bersama," kata Dewo yang juga alumnus Universitas Gadjah Mada (UGM) ini.

Free Bike Indonesia Ikut galang danaFree Bike Indonesia Ikut galang dana.

Ada empat club pesepeda yang ikut ambil bagian dalam penggalangan dana bertajuk Donasi Berbagi Sehat ini. Mereka antara lain Freedom, SRBC, Free Bike Indonesia, dan Stratos. Keempat club pesepeda ini merupakan komunitas penggila sepeda yang punya anggota banyak di Surabaya.

Lantas bagaimana dengan Kagama Jatim? Keluarga alumni UGM Jatim yang dipimpin mantan Wakil Walikota Surabaya Arif Afandi ini kebetulan mempunyai anggota dokter yang banyak bertugas di sejumlah RS di Surabaya dan berbagai kota di propinsi ini.

Salah satu event SRBC Club pesepeda di SurabayaSalah satu event SRBC, Club pesepeda di Surabaya.

"Kami mendapat kabar bahwa teman-teman di RS Unair yang mempunyai klinik khusus Covid-19 kesulitan alat penunjang. Karena itu, kami berusaha ikut menggalang dana untuk pengadaannya. Alhamdulillah, dapat respon bagus dari para anggota," kata Sekretaris Kagama Jatim Satria Gentur Pinandita.

Melalui jaringan para dokter alumnus UGM, sejak minggu lalu, Kagama Jatim sudah memesan sejumlah APD dan masker yang akan disumbangkan ke RS yang ada di Surabaya. "Namun kami baru mendapatkan beberapa set. Juga puluhan boks masker," katanya.

Event Stratos simpati untuk Covid19Event Stratos, simpati untuk Covid-19.

Penggalangan Donasi Berbagi Sehat ini akan diteruskan untuk sedikit meringankan para dokter dan paramedis yang berjuang melawan wabah Virus Corona. Sayang perlu waktu untuk mendatangkan barang-barang tersebut.

Kini memang saatnya bergandeng tangan mengatasi wabah virus Corona yang penyebarannya sangat cepat ini. Kita bisa!

Penulis : Azhari

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

07 Jun 2020 16:10 WIB

Begal Asusila Gentayangan di Probolinggo, Serang Dada Perempuan

Jawa Timur

Korban tak lapor ke polisi karena malu.

07 Jun 2020 15:40 WIB

Surabaya Zona Hitam, Wawali Surabaya Sebut Hal Wajar

Surabaya

Menrut Whisnu lonjakan adalah hasil dari rencana besar pemkot

07 Jun 2020 15:23 WIB

Metta School, BEC dan PLS Bagikan 500 Sembako ke Warga

Surabaya

Sasarannya kepada warga kurang mampu dan pekerja informal.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...