BTS atau Bangtan Boys.

Cuti Bermusik, Album BTS Dapat Sertifikasi Emas dari RIAA

ngopiK-pop 25 August 2019 06:15 WIB

BTS atau Bangtan Boys putuskan 'cuti' bermusik selama hampir dua bulan. Ini merupakan 'cuti' untuk pertama kalinya sejak debut pada 2013. Ya, setelah jadwal yang begitu padat, personel BTS bisa kembali menjalani kehidupan normal.

Meski demikian, boygroup yang digawangi oleh RM, J-Hope, Jungkok, V, Jimin, dan Suga ini berhasil meraih Sertifikat Gold (emas) dari RIAA atas album "Map of the Soul: Persona".
Kabar tersebut disampaikan langsung oleh pihak penyelenggara yaitu Recording Industry Association of America (RIAA) melalui website resminya.

Berdasarkan laman resmi tersebut diketahui bahwa album BTS yang bertajuk "Map of the Soul: Persona" telah meraih sertifikat emas dengan total penjualan mencapai 500.000 atau 0,5 juta unit di United States terhitung sejak dirilis pada 12 April 2019 lalu.

Capaian tersebut berhasil diraih BTS hanya dalam kurun waktu 4 bulan. Masih dilansir sumber yang sama, sertifikat emas dari RIAA sendiri merupakan sebuah bentuk penghargaan yang diberikan kepada para musisi dunia yang telah berhasil meraih total penjualan minimal 500.000 unit atau 0,5 juta unit atas lagu atau album terbaru mereka.

Penghitungan penjualan ini dilakukan setidaknya 30 hari setelah karya mereka dirilis khusus untuk album fisik dan terhitung sejak tanggal perilisan khusus untuk total penjualan album digital. Seluruh total penjualan yang dihitung oleh pihak penyelenggara merupakan penjualan album di United States saja.

Map of the Soul: Persona sekarang menjadi mini album yang mencapai prestasi setelah album Love Yourself: Answer. Seperti yang dilansir dari Soompi, Love Yourself: Answer tersebut mencatatkan sejarah pada 2018 sebagai album pertama oleh artis Korea yang menerima sertifikasi emas RIAA.

BTS juga sebelumnya menjadi grup Korea pertama yang menerima sertifikasi emas RIAA untuk lagu Mic Drop pada Februari 2018. Lagu itu juga kemudian menjadi platinum pada November di tahun yang sama.

Perubahan itu juga membuat BTS menjadi grup Korea pertama yang mendapatkan sertifikasi platinum RIAA.

Sejak itu, grup musik asuhan Big Hit Entertainment meraih medali emas dengan lagu-lagu mereka seperti DNA, Fake Love, dan IDOL. Judul lagu terbaru mereka, Boy With Luv baru-baru ini mendapatkan platinum awal musim panas ini.

Setelah beristirahat nanti, BTS telah ditunggu sejumlah jadwal yang merupakaian rangkaian dari putaran kedua tur. Mereka bakal tampil di Arab Saudi pada 11 Oktober, sebelum manggung di tiga tanggal pada 26, 27 dan 29 Oktober di Stadion Jamsil Olympic di Seoul.

Bukan berarti BTS bakal benar-benar menghilang. Film dokumenter terbaru mereka bertajuk Bring The Soul akan tayang bulan ini juga. Big Hit menyebut film itu diputar eksklusif di Weverse, aplikasi media sosial yang mengizinkan para penggemar berinteraksi langsung dengan idola. Di Indonesia, film Bring The Soul telah tayang sejak akhir pekan lalu.

Tak hanya itu, Big Hit Entertainment sedang mempersiapkan sebuah drama berdasarkan BTS Universe dengan studio produksi Korea yang terkenal.

Drama ini akan menceritakan kisah tujuh anak laki-laki yang bertemu untuk pertama kalinya di BTS Universe. Karena drama akan berdasarkan saat BTS masih muda, para anggota tidak akan secara pribadi berakting dalam drama.

Mereka akan mencari aktor untuk bermain di dalam drama ini. Selain itu, Big Hit mengumumkan rencana untuk menyapa penggemar dan publik melalui berbagai media dan genre.

Yakni dengan webtoon, novel, gim animasi, buku komik, dan drama. Mereka berencana menggabungkan cerita untuk artis lain dari label lain.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

03 Aug 2020 23:57 WIB

Dynamite, Single Baru BTS dengan Bahasa Inggris

Nasional

Lagu baru BTS berjudul Dynamite.

23 Jul 2020 17:30 WIB

Bang Bang Con: The Love BTS Cetak Rekor Guinnes World

ngopiK-pop

Konser daring BTS cetak rekor Guinnes World.

01 Jul 2020 20:08 WIB

Wisata Gunung Bromo Dibuka Kembali Secara Bertahap

Jawa Timur

Tahap pertama kuota dibuka sebesar 20 persen.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...