Cuaca Ekstrem hingga Maret, Waspadai Puting Beliung dan Banjir

14 Feb 2019 19:29 Jawa Timur

Cuaca ekstrem yang bisa berdampak bencana alam masih akan terjadi di Lamongan hingga akhir Maret 2019. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menghimbau masyarakat agar selalu waspada.

"Data dari Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, diprediksi hingga akhir Maret mendatang cuaca ekstrem masih akan melanda wilayah Lamongan. Dari hujan deras hingga angin puting beliung masih memungkinkan terjadi," kata Kasi Tanggap Darurat BPBD Lamongan Muslimin, Kamis 14 Februari 2019.

Selain puting beliung, ditambahkan Muslimin, banjir akibat luapan sungai Bengawan solo juga perlu diwaspadai bagi masyarakat yang tinggal disepanjang bantaran sungai Bengawan Solo.

Kondisi tanggul yang menjadi pagar pemukiman dengan sungai Bengawan solo sebagian besar banyak yang rengkah akibat kemarau panjang yang terjadi sebelumnya.

"Dari pantauan kami banyak tanggul di beberapa wilayah kecamatan seperti Kecamatan Kalitengah, Karanggeneng, Laren dan Maduran banyak yang rengkah. Jika air sungai bengawan meluap dikuatirkan tanggul akan jebol dan tidak bisa menahan luberan air," imbuhnya lagi.

Meski tidak diharapkan, BPBD telah melakukan antisipasi jika banjir menerjang.diantaranya menyiapkan logistik untuk 'menambal' tanggul jika terjadi banjir.

Digudang BPBD berbagai logistik yang telah disediakan diantaranya yaitu 15 ribu glangsing, 150 lembar terpal, 1500 bogkotan bambu dan 150 gedek.

"Logistik akan dikirim jika terjadi tanggul jebol. Mekanismenya, jika terjadi kejadian BPBD akan mengirim tim kaji cepat untuk melihat barang logistik yang dibutuhkan dan segera mengirimkan kelokasi," urai Muslimin. (tok)

Penulis : Totok Martono
Editor : Riadi


Bagikan artikel ini