Cuaca ekstremPeringatan Dini Nelayan Paciran-Brondong, Waspada!

09 Nov 2018 01:04 Jawa Timur

Intensitas hujan sudah makin tinggi. Begini, biasanya, laut juga tak cukup ramah buat para nelayan. Begitu juga para warga yang tinggal di pesisir pantai Utara.

Sebab itu sejumlah imbauan juga sudah dilayangkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lamongan.

Menurut Muslimin, Kasi Tanggap Darurat BPBD, Lamongan, BPBD sudah mengeluarkan edaran ke Camat Paciran dan Brondong. Edaran itu imbauan sekaligus peringatan dini agar nelayan dan warga pesisir makin waspada terhadap perubahan cuaca.

Camat Brondong Sariono membenarkan telah menerima surat edaran dari BPBD Lamongan dan meneruskan informasi itu ke Lurah dan Kepala Desa di wilayahnya.

"Kami juga sering mensosialisasikan ke masyarakat agar hati-hati waktu melaut karena cuaca ekstrem bisa datang sewaktu-waktu, " ujar Sariono.

Sementara nelayan di sepanjang pantura saat ini banyak yang tidak melaut. Selama hampir dua pekan ini mereka memilih prei miyang (libur) lebih karena sepinya tangkapan.

" Kalau kondisi di tengah laut sendiri masih normal. Walau beberapa kali terjadi angin kencang namun tidak membahayakan, " ujar nelayan asal Lohgung Dullah. (tok)

Reporter/Penulis : Totok Martono
Editor : widi kamidi


Bagikan artikel ini