CT Scan 128 Slice Bisa Mereduksi Radiasi dan Logam

03 Oct 2019 18:52 Kesehatan

RS PHC Surabaya meningkatkan layanan pemeriksaan dengan melengkapi alat pemeriksaan radiologi, dengan alat terbaru CT Scan 128 Slice (irisan). Alat ini mampu menghasilkan sebanyak 128 gambar. Meski demikian, petugas radiologi tidak akan mencetak semua gambar, melainkan hanya memilih gambar yang abnormal.

Dokter spesialis radiologi konsultan RS PHC, dr. Lailatul Muqmiroh, Sp. Rad (K) mengatakan, dibanding alat CT Scan pada umumnya, CT Scan 128 Slice paling bagus untuk melihat pembuluh darah.

"Apalagi untuk pemeriksaan CT Scan pada jantung. Alat ini lebih detail," kata Lailatul Muqmiroh, Kamis 3 Oktober 2019.

Selain itu, lanjur dokter yang akrab disapa Laila ini, CT Scan 128 Slice mempunyai software yang bisa mereduksi dosis radiasi pada CT Scan tersebut sampai 83 persen.

"Dengan sofware ini dosis radiasi lebih rendah, sehingga lebih aman untuk pasien," tambahnya.

Selain bisa mereduksi dosis radiasi, CT Scan 128 Slice juga dilengkapi sofware yang bisa mereduksi artefak karena metal atau logam.

"Pasien yang pernah dipasang plate atau implan ditubuhnya, bila melakukan CT Scan gambarnya tidak akan terlihat jelas, sehingga menyulitkan diagnosis. Tapi CT Scan 128 Slice bisa mereduksi. Sehingga gambar tetap terlihat jelas dan bagus, untuk mengetahui kondisi pasca pemasangan implant atau mengetahui komplikasi yang terjadi," papar Laila.

Tak hanya itu, hasil dari CT Scan 128 Slice yang berjumlah 128 gambar ini juga akan langsung tersambung dengan aplikasi PACS. Sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mencetak hasil sebanyak itu.

"Jadi dari 128 hasil tadi, dokter ahli radiologi akan melihat mana yang abnormal dan akurat," tutupnya.

Picture Archiving and Communication System atauPACS merupakan sistem pengarsipan digital dan komunikasi dalam bidang pemeriksaan radiologi. Alat ini memudahkan dokter untuk membaca, lalu melalukan simulasi hasil imaging secara komprehensif dan 3 dimensi.

Bahkan, PACS memperjelas bagian tertentu untuk mengetahui lokasi pasti sebuah penyakit di dalam organ tubuh pasien.

"Sederhananya, PACS adalah sistem komunikasi yang dapat mengirimkan beberapa hasil pemeriksaan radiologi mulai dari USG, MRI, CT Scan, X-Ray dalam satu waktu kepada dokter melalui internet," kata Direktur Umum PT PHC, dr Agus Akhmadi, M. Kes, Kamis, 3 Oktober 2019.

Penulis : Pita Sari
Editor : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini