Olimpiade tahun depan terancam dihapus. (Ilustrasi/Ngopibareng.id)

Covid, Olimpiade Tokyo Tahun Depan Terancam Dihapus

Nasional 29 April 2020 04:10 WIB

Olimpiade Tokyo yang terjadwal tahun ini, telah ditunda dan dijadwalkan berlangsung pada 23 Juli hingga 8 Agustus tahun 2021. Namun, bila tahun depan olimpiade tak bisa berlangsung juga, maka kalender kompetisi olah raga dunia di Tokyo itu akan dihapus.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Pertandingan Olimpiade Tokyo Yoshiro Mori. Pernyataan itu disampaikan Mori ketika menanggapi pendapat ahli kesehatan jika kemungkinan besar Olimpiade tak akan bisa berlangsung jika belum ditemukan vaksin atau obat untuk covid-19. "Jika begitu, Olimpiade akan dibatalkan," katanya.

Namun, Presiden Tokyo 2020 itu optimis jika pertandingannya akan tetap berlangsung sesuai jadwal. "Olimpiade ini akan sangat berharga dibanding pertandingan lain sebelumnya, jika kita bertanding setelah memenangkan perang ini," katanya pada Nikkan Sport.

"Kami harus percaya, jika tidak, maka semua upaya dan tenaga kita sia-sia," katanya.

Presiden dari Asosiasi Medis Jepang, Yoshitake Yokokura, pada Selasa 28 April 2020 mengatakan akan 'sulit' untuk melangsungkan Olimpiade 2021 tanpa adanya vaksin atau obat yang efektif. "Ini bukan berarti Jepang harus melepaskan atau harus menjadi tuan rumahnya, tapi itu akan menjadi hal yang sulit dilakukan," katanya.

"Jika infeksinya bisa dikontrol di Jepang, masih akan tetap sulit menyelenggarakan pertandingan, kecuali pandemi telah berakhir di seluruh dunia," katanya, dialihbahasakan dari BBC.  

Sebagian ilmuwan memprediksi vaksin akan tersedia di pertengahan 2021, meski tak ada jaminan jika vaksin akan sukses dikembangkan.

Penulis : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

09 Aug 2020 09:52 WIB

Itung-itungan Ganti Rugi Juventus Pecat Maurizio Sarri Rp345 M

Liga Champions

Posisi Maurizio Sarri sebagai pelatih Juventus digantikan oleh Andre Pirlo.

09 Aug 2020 09:39 WIB

Film Forbidden Kingdom: Misi Menjaga Tongkat Emas Raja Kera

Film

Misi menjaga tongkat emas di film Forbidden Kingdom.

09 Aug 2020 09:27 WIB

Kemarin, Gilang Fetish Muncul dan PN Surabaya Dilockdown

Surabaya

Berita dari Surabaya kemarin.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...