China tutup sekolah di Beijing mengikuti merebaknya puluhan kasus covid baru di wilayah itu. (Ilustrasi/Ngopibareng.id)

Covid Muncul Lagi di China, Beijing Tutup Sekolah

Internasional 19 June 2020 13:25 WIB

China mencatat 32 kasus covid-19 muncul, dengan empat di antaranya bertambah pada Kamis 18 Juni 2020. Kini pemerintah menutup sekolah sambil mengumumkan jika wabah telah bisa dikontrol.

"Pandemi di Beijing telah bisa dikontrol," kata kepala epidemiologi di Pusat Pencegahan dan Kontrol Penyakit di China, dalam sebuah konferensi pers,dilansir dari Aljazeera, Jumat 19 Juni 2020.

Namun ia menjelaskan jika di bawah kontrol bukan berarti kasus akan menjadi 0 besok atau luas. "Trennya akan bertahan beberapa waktu, tetapi jumlah kasusnya akan berkurang, seperti tren yang kita lihat di Beijing, pada Januari dan Februari," katanya.

Kini otoritas setempat kembali membatasi pergerakan orang di ibu kota, serta menerapakan upaya untuk mencegah penyebaran virus dari di komunitas lokal, lebih luas.

Selain itu, sejumlah sekolah di kota juga diliburkan dan peristiwa olah raga serta acara yang mengundang kerumunan juga ditunda.

China juga menggelar lebih dari 360 ribu tes covid dalam beberapa hari terakhir.

Diketahui sebelumnya, China menjadi pusat merebaknya wabah covid-19 setelah ditemukan di Wuhan, Hubei pada akhir 2019 lalu. Virus menyebar mengikuti liburan tahun baru Imlek, serta padatnya arus kelaur masuk manusia dari berbagai penjuru dunia di Wuhan dan China. China juga menjadi negara yang pertama kali menerapkan lockdown dengan menutup akses keluar dan masuk menuju Wuhan, untuk menghentikan potensi penyebaran.  

Penulis : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

16 Aug 2020 00:20 WIB

Video Amien Rais Sebut Jokowi Otoriter

Politik

Video terbaru Amien Rais menyebut rezim Presiden Jokowi otoriter.

15 Aug 2020 23:59 WIB

Jadwal Belajar dari Rumah TVRI 16 Agustus 2020

Pendidikan

Tayangan edukasi disajikan pada program Belajar dari Rumah.

15 Aug 2020 23:45 WIB

Arsenal Pecat 55 Karyawan, Tapi Gaji Mahal Willian Borges

Liga Inggris

Willian Borges digaji hampir 1,9 miliar per minggu.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...