Anggota DPR RI Gatot Sudjito meninggal di Malang, Jawa Timur, Senin 18 Januari 2021. (Foto: Dok. DPR RI)
Anggota DPR RI Gatot Sudjito meninggal di Malang, Jawa Timur, Senin 18 Januari 2021. (Foto: Dok. DPR RI)

Covid-19, Anggota DPR Gatot Sudjito Wafat di Malang

Ngopibareng.id Reportase 18 January 2021 13:25 WIB

Anggota Komisi V DPR dari Fraksi Partai Golkar Gatot Sudjito meninggal setelah dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Saiful Anwar Malang (RSSA), pada Senin 18 Januari 2021. Mendiang dikebumikan di Krian, Sidoarjo, di hari yang sama.

Wakil Walikota Malang Sofyan Edi Jarwoko mengaku terkejut ketika mendengar kabar duka, melalui pesan di Whatsapp, pada Senin 18 Januari 2021, pagi. “Saya terkejut, ketika membaca pesan di grup Whatsapp. Beliau meninggal setelah dirawat di RSSA,” kata Sofyan Edi, pada Ngopibareng.id, Senin 18 Januari 2021.

Menurutnya, Gatot Sudjito dirujuk ke RSSA, setelah menjalani perawatan di Rumah Sakit Universitas Muhammadiyah Malang. “Beliau masuk RSSA, kemarin sore (Minggu, 17 Januari 2021) dan meninggal subuh hari ini,” lanjutnya.

Selama di RSSA, Gatot Sudjito mendapat penanganan sesuai protokol Covid-19. Hingga ketika dimakamkan, juga dengan protokol yang sama.

“Atas permintaan keluarga, beliau dimakamkan di daerah Krian, Sidoarjo. Berangkat dari Malang sekitar pukul 09:20 WIB tadi, dan langsung dimakamkan,” lanjutnya.

Duka Golkar

Meninggalnya Gatot Sudjito menjadi duka yang kedua bagi Partai Golongan Karya. Sebelumnya, Sofyan Edi mengingat, Sabron Pasaribu, anggota DPRD Jawa Timur, meninggal pada 7 Januari 2021 lalu.

“Kami kehilangan kader terbaik, penuh prestasi, dan juga rekan senior,” imbuh Wakil Walikota yang juga Ketua Forum Komunikasi Putra Putri TNI–Polri (FKPPI) Kota Malang ini.

Semasa hidup, Gatot Sudjito dikenal aktif dalam berorganisasi. Mendiang memulai karir di Golkar melalui FKPPI, dan juga KNPI. Sebelum kemudian terpilih menjadi Wakil Ketua DPD Golkar Jawa Timur, tahun 2009 lalu.

“Beliau ini kader terbaik yang kemudian dipercaya sebagai anggota DPR,” kata Sofyan yang juga pernah menjabat sebagai Ketua DPD Golkar Kota Malang itu.

Untuk mengenang kepergian dua kader terbaik Golkar, Sofyan Edi menyebut jika DPD Golkar Jawa Timur akan menggelar doa bersama, pada Senin petang hari ini.

“Rencananya akan ada doa bersama di DPD Golkar Provinsi Jawa Timur malam nanti. Baik untuk Pak Gatot maupun Pak Sabron,” lanjutnya.

Ia pun kembali mengingatkan, agar seluruh warga tetap waspada dan tak lelah menerapkan protokol kesehatan selama pandemi Covid-19. Mantan anggota DPRD Kota Malang dua periode ini juga menyebut agar tetap menjaga imunitas tubuh selama pandemi.

“Ingat, pandemi ini masih ada dan nyata. Jangan lengah, tetap ikuti imbauan pemerintah, 3M, juga kurangi mobilitas,” katanya.

Penulis : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

28 Feb 2021 04:05 WIB

Tambah Empat Stasiun Kereta Api Penyedia Tes GeNose Covid-19

Nasional

Hasil tes GeNose berlaku 3x24 jam.

28 Feb 2021 00:10 WIB

BPBD Beberkan Penyebab Longsor di Payung Kota Batu

Bencana

Kendaraan berat tak boleh lewat selama masa perbaikan.

27 Feb 2021 23:57 WIB

500 Orang Ikuti Donor Plasma Yayasan Wings di Grand City

Surabaya

Mereka penyintas covid-19 yang sudah dinyatakan sembuh

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...