Amerika Serikat menolak semua pengunjung dari Brazil.

Covid-19, Amerika Serikat Tolak Pengunjung dari Brazil

Internasional 25 May 2020 23:20 WIB

Amerika Serikat mengumumkan untuk menutup negara mereka dari siapapun yang datang dari Brazil mengikuti meningkatnya kasus covid-19 di negara tersebut. Aturan ini akan berlaku mulai 28 Mei 2020.

Sekretaris untuk pers di Gedung Putih, Kayleigh McEnany mengatakan jika aturan itu berlaku bagi penduduk dari negara mana saja yang telah berada di Brazil sedikitnya 14 hari sebelum datang ke Amerika Serikat.

McEnany mengatakan jika kebijakan itu dikeluarkan oleh Presiden Donald Trump untuk melindungan negaranya.

Meski menerapkan pembatasan, namun Amerika Serikat memberikan pengecualian, yaitu pada pemegang kartu hijau, kerabat dari warga AS dan kru penerbangan.

Sebelumnya, Amerika Serikat juga sudah melarang kunjungan dari Inggris, Eropa, dan China. Jumlah kasus covid-19 di Amerika Serikat sendiri meningkat dengan kematian hampir mencapai 100 ribu.

Tindakan Amerika serikat menjadi pukulan telak bagi Presiden Brazil Jair Bolsonaro yang banyak mengikuti gaya Trump dalam menangani covid-19 di wilayahnya.

"AS mempertahankan hubungan yang baik dengan Brazil, dan kami bekerja dengan dekat untuk mengatasi dampak sosial dan ekonomi dari covid-19 di Brazil," kata Kedutaan AS di Brazil dalam pernyataanya, dikutip dari Aljazeera.

Sementrara, menteri luar negeri Brazil menyebut langkah AS sebagai keputusan teknis di tengah "kolaborasi bilateral penting," untuk melawan covid-19, sambil meyebutkan jika AS telah menyumbang USD6,5 juta dan menjanjikan untuk membantu 1000 alat bantu pernapasan.

Penulis : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

06 Jul 2020 05:43 WIB

Ilmu Harus Tetap Ditulis, Ini Penjelasan Ulama Pesantren

Khazanah

Khazanah intelektual Islam menunjukkan kemajuan pemikiran

06 Jul 2020 04:41 WIB

6 Pesan Penting Habib Syech untuk Kader Muda Perkuat Jati Diri

Khazanah

Tetap semangat dan taati protokol kesehatan di masa pandemi

06 Jul 2020 03:49 WIB

KH Ahmad Qusyairi Shiddiq, Karyanya Diapresiasi Sayid Al-Maliki

Khazanah

Kelebihan ulama pesantren dan kemampuan sastrawi

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...