Museum Olahraga Akan Dibangun dengan Nuansa British

16 Jan 2020 17:27 Surabaya

Pemerintah Kota Surabaya berencana menjadikan Gelora Pancasila menjadi Museum Olahraga. Museum ini akan dibuat dengan nuansa British Style yang menggabungkan kesan modern dan kuno.

Kepala Bidang Bangunan dan Gedung Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (DKPCKTR) Surabaya, Iman Krestian, bahkan menyebut jika museum ini akan memiliki konsep seperti stasiun kereta api di London, Inggris.

Nuansa British Style sengaja dipilih untuk membedakan dengan konsep museum sebelumnya yang sudah dibangun oleh Pemerintah Kota Surabaya, yaitu Museum Pendidikan. Museum Pendidikan diklaim mengusung konsep cafe Eropa.

“Nuansa Museum Olahraga akan dibuat seperti Stasiun Liverpool, Stasiun Saint Pancrass, dan Stasiun Paddington. Ala-ala British. Sehingga masyarakat bisa berasa sedang di Inggris,” kata Iman kepada ngopibareng.id, Kamis 16 Januari 2020 di Balai Kota Surabaya.

Konsep Museum Olahraga Foto Cipta Karya
Konsep Museum Olahraga. (Foto: Cipta Karya)

Selain bergaya ala stasiun kereta api di Inggris, museum yang rencananya akan diresmikan pada bulan Mei atau September 2020 ini, juga akan memiliki banyak open space area. Area terbuka ini bisa digunakan oleh masyarakat untuk nongkrong.

“Kami sengaja perbanyak open space untuk nongkrong atau cangkrukan warga. Open space itu juga bisa digunakan untuk olahraga ringan, misal senam, lompat tali dan lainnya,” katanya.

Ia mengatakan, pengerjaan Museum Olahraga dengah konsep ala Inggris memakan waktu agak lama, dikarenakan pengerjaa fisik, konsep, dan detailing berjalan bersamaan. Tujuannya, agar hasil rupa bangunannya sesuai dengan konsep dan gaya yang diinginkan oleh Cipta Karya.

“Kami ingin hasil jadi rupa bangunan itu benar-benar sesuai dengan apa yang kami inginkan. Mulai dari rupa besar hingga detil kecil-kecilnya. Bukan ala kadarnya. Kami tak mau mengecewakan masyarakat,” katanya.

Penulis : Alief Sambogo
Editor : Moch. Amir


Bagikan artikel ini