Ilustrasi (Ngopibareng.id)
Ilustrasi (Ngopibareng.id)

China Sebut Mulai Vaksinasi Covid-19 pada Akhir November

Ngopibareng.id Internasional 15 September 2020 16:36 WIB

China menyatakan siap memulai vaksinasi Covid-19 di awal November tahun ini. Informasi itu disampaikan pejabat di Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit China (CDC).

”Uji klinis fase tiga berjalan lancar dan vaksin bisa siap untuk masyarakat umum pada November atau Desember”, kata kepala ahli keamanan biologi CDC Guizhen Wu, dalam wawancara dengan TV pemerintah pada Senin, 14 September 2020, petang.

Wu melanjutkan jika dia tidak mengalami gejala abnormal dalam beberapa bulan terakhir setelah mengonsumsi vaksin eksperimental pada April. Meski ia tidak menjelaskan secara detil, vaksin apa yang dipakai.

Diketahui kini China memiliki empat vaksin Covid-19 yang sedang menjalani uji klinis tahap akhir. Tiga di antaranya telah ditawarkan kepada para pekerja bidang-bidang sangat penting di bawah program penggunaan darurat yang diluncurkan pada Juli.

Beberapa di antaranya adalah perusahaan raksasa farmasi negara China National Pharmaceutical Group (Sinopharm) dan Sinovac Biotech, yang terdaftar di AS, sedang mengembangkan tiga vaksin di bawah program penggunaan darurat negara.

Vaksin Covid-19 keempat yang sedang dikembangkan oleh CanSino Biologics telah disetujui untuk digunakan oleh militer China pada Juni. Sinopharm mengatakan  pada Juli, bahwa vaksin buatannya siap digunakan publik pada akhir tahun ini, setelah uji coba tahap ketiga selesai.

Diketahui, kini produsen vaksin global berlomba mengembangkan vaksin yang efektif untuk melawan virus corona jenis baru, yang telah membunuh lebih dari 925.000 orang di seluruh dunia.

Para perusahaan terkemuka produsen vaksin di negara-negara Barat pada awal September berjanji menegakkan standar studi ilmiah dan menolak tekanan politik untuk mempercepat proses tersebut. (Ant)

Penulis : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

02 Dec 2020 06:36 WIB

Mahfud MD Berang, Massa Ganggu Rumah Ibunya di Pamekasan

Nasional

Rumah ibunda digeruduk massa berbaju putih-putih.

02 Dec 2020 06:07 WIB

Canyon Spectral 29CF Lebih Besar Tapi Ringan dan Efisien

Gowes Bareng

Banyak perubahan pada versi ini yang membuat lebih ringan dan nyaman.

01 Dec 2020 23:49 WIB

Surat Ajakan Pilih Er-Ji, Dewan: Risma Sangat Culas

Pilkada

Surat tersebut dianggap sebagai kepanikan Risma.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...