CFO Huawei Ditangkap, Tiongkok Panggil Dubes AS

10 Dec 2018 14:11 Internasional

Tiongkok memanggil duta besar Amerika Serikat (AS) pada Minggu (11/12) untuk memprotes penangkapan seorang eksekutif keuangan (CFO) dari raksasa telekomunikasi Huawei di Kanada, saat negosiator perdagangan Washington membantah bahwa kasus tersebut dapat mempengaruhi pembicaraan yang ditujukan untuk menyelesaikan perang perdagangan.

Penangkapan CFO Huawei, Meng Wanzhou telah membuat Beijing geram, yang menuntut Washington membatalkan permintaan ekstradisi mereka dan memicu ketegangan selama gencatan perang perdagangan antara Tiongkok dan Amerika Serikat.

Meng dituduh oleh AS melakukan penipuan terkait dengan dugaan pelanggaran sanksi karena melakukan bisnis dengan Iran.

Meng, putri pendiri Huawei, Ren Zhengfei berada dalam tahanan sambil menunggu keputusan pengadilan Kanada dalam sidang penentuan pembebasan besyarat pada Senin.

Wakil Menteri Luar Negeri Tiongkok, Le Yucheng memanggil duta besar Amerika Serikat (AS) Terry Branstad sehari setelah dia memanggil seorang duta besar Kanada John McCallum untuk menyampaikan keluhan Tiongkok.

“Le Yucheng mengeluhkan bahwa pihak AS telah melakukan pelanggaran serius dari hak sah dan kepentingan warga Tiongkok, dan pelanggaran tersebut sangat buruk,” kata Kementerian Luar Negeri Tiongkok dalam sebuah pernyataan.(hs/fr)

Penulis : M. Anis


Bagikan artikel ini