Erling Braut Haaland setelah mencetak hattrick ke gawang Augsburg. (Foto: Twitter/@bvb)

Cetak Hattrick di Laga Debut, Haaland Samai Lewi, Auba, dan Paco

Liga Jerman 19 January 2020 18:48 WIB

Borussia Dortmund dengan superior memenangi pertandingan melawan Augsburg dengan skor 5-3, Sabtu 18 Januari 2020 di lanjutan laga Bundesliga 2019/2020 di WWK Arena, markas Augsburg.

Ada yang spesial dan sensasional dalam laga tersebut. Tiga dari 5 gol Dortmund, dicetak oleh rekrutan anyar mereka Erling Braut Haaland.

Pemain muda asal Norwegia itu catatkan tiga gol pertamanya, di laga debut yang ia jalani bersama Dortmund. Meski usia Haaland masih 19 tahun, mantan pemain RB Salzburg itu sama sekali tidak demam panggung. Ia bahkan menjadi maestro kemenangan Dortmund dalam laga tersebut.

Sepertinya pelatih Dortmund Lucien Frave mengerti jika Haaland mempunyai daya magis yang bisa mengubah gaya permainan Dortmund. Haaland dimainkan Favre di babak kedua, tepatnya di menit ke-56. Saat ia masuk, keadaan di lapangan Dortmund tertinggal 1-3 dari Augsburg.

Keputusan Frave memasukan Haaland sangat tepat. Masuknya Haaland langsung mengubah jalannya penyerangan Dortmud. Baru tiga menit menginjak lapangan, pemain yang sempat digadang bergabung dengan Manchester United tersebut langsung mencetak gol, dan mengubah kedudukan menjadi 2-3 bagi Dortmund.

Keajaiban Haaland belum berhenti. Layaknya pemain yang sudah paham karakter Bundesliga, ia dengan mudah mencetak dua gol tambahan. Dengan tiga gol dari kaki pemain belia tersebut, Dortmund pun bisa mengakhiri laga dengan kemenangan 5-3 atas Augsburg.

Aksi Haaland pun menuai banyak pujian. Selain Favre yang takjub melihat tiga gol Haaland dari pinggir lapangan, kapten Dortmund Marco Reus pun juga takjub dengan aksi Haaland di laga debutnya tersebut.

Bahkan selepas pertandingan, Reus mengatakan Haaland tak seperti pemain muda lainnya saat menjalani laga debut dengan demam panggung dan canggung, namun Haaland malah tenang dan merasa sudah sering main di Bundesliga.

"Dia (Erling) sangat tenang sekali. Meski begitu, terlihat tadi jika ia merupakan pemain yang sangat ambisius," kata Reus dilansir dari Skysport.

Selain trigol Haaland di laga debutnya, ternyata laga Dortmund melawan Augsburg juga menyimpan cerita unik tersendiri, yang berhubungan dengan hattrick dan laga bagi pemain anyar Dortmund.

Hattrick Haaland mengingatkan kita kepada tiga penyerang sebelum Haaland saat baru bergabung dengan Dortmund, yakni Robert Lewandowski, Pierre-Emerick Aubameyang, dan Paco Alcacer.

Ketiga pemain tersebut memang bergabung dengan Dortmund di musim yang berbeda. Namun, mereka semua sama-sama bisa mencetak hattrick pertamanya di Bundesliga ketika Dortmund berhadapan dengan Augsburg.

Lewi mencetak gol trigol pertamanya ketika Dortmund berjumpa Augsburg pada 1 Oktober 2011 di laga Bundesliga. Saat itu, Lewi berhasil mencetak tiga gol dan satu asiss, yang membawa Dortmund menang 4-0 atas Augsburg.

Mungkin Haaland merupakan titisan dari Aubameyang. Bagaimana tidak, keduanya berhasil mencetak gol hattrick di laga debutnya bersama Dortmund saat menjamu Augsburg. Kedua pun menggunakan nomor punggun yang sama yakni 7.

Auba yang saat itu baru direkrut Dortmund dari Saint-Étienne, pada 10 Agustus 2013 ia menjalani laga debut di Bundesliga dengan cemerlang. Tiga gol ia sarangkan ke gawang Augsburg.

Berbeda dengan Lewi dan Auba, Paco Alcacaer termasuk salah satu penyerang yang tak terlalu moncer. Hanya mencatatkan 15 gol dari 50 laga dalam dua musim bersama Barcelona, ia sama sekali tak bisa menggeser kegagahan Philipe Countinho maupun Luis Suarez yang saat itu menjadi tukang gedor Barca.

Dengan terpaksa ia harus hengkang dari Camp Nou dan menjadi pemain pinjaman di Dortmund. Keputusan pindah ke Jerman sangat tepat. Paco langsung menjadi ujung tombak Dortmund di Bundesliga.

Ia langsung mencetak 6 gol dari tiga laga perdananya dengan Dortmund. Salah satunya ketika ia mencatat hattrick pertamanya di Bundesliga pada 6 Oktober 2018 ketika melawan Augsburg pula. Ketika itu gol pamungkasnya ia cetak hanya beberapa detik menjelang pertandingan usai lewat tendangan bebas.

"Erling membuat kesan yang baik dan dia memiliki awalan yang luar biasa pada hari ini. Tiga golnya mengingatkan saya kepada Auba. Jika kisah mereka akan sama, dan sukses, saya akan mendukung Haaland agar bisa sesukses Auba," kata Reus.

Tak hanya kangen dengan Auba, Reus juga mengungkapkan gaya bermain Haaland mirip seperti Lewandoski. Sehingga ia sangat senang saat melihat Haaland dengan tenang bisa mencetak tiga gol di laga debutnya.

Dengan debut yang sangat sensasional dan impresif, Haaland diharapkan bisa menjadi penerus para predator Dormund tersebut, yang berhasil tampil sensasional, lalu kemudian dibajak oleh rival mereka, Bayern Munchen.

Stor Haaland!

Penulis : Alief Sambogo

Editor : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

03 Jul 2020 05:28 WIB

Patirtan Sumberbeji Jombang, Konon Berusia 900 Tahun

Feature

Pemandian Sumberbeji di Jombang.

03 Jul 2020 03:35 WIB

Buntut Pentas Rhoma Irama, Dinkes Bogor Lakukan Tracing

Nasional

Dinkes Bogor lacak peserta dangdut Rhoma Irama di acara khitan.

03 Jul 2020 02:39 WIB

Konflik dengan China, PM India Hapus Akunnya di Weibo

Aplikasi

PM Narendra Modi menghapus akunnya di Weibo

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...