Caledonia varian baru dari produsen sepeda asal Canada,Cervelo. (Foto: road.cc)
Caledonia varian baru dari produsen sepeda asal Canada,Cervelo. (Foto: road.cc)

Cervelo Luncurkan Caledonia, Sepeda Aero Endurance

Ngopibareng.id Gowes Bareng 23 July 2020 18:05 WIB

Cervelo, produsen sepeda asal Canada meluncurkan sepeda varian terbarunya yang diberi nama Caledonia, pada Kamis, 23 Juli 2020.  Nama ini diambil dari nama salah satu jalan di dekat kantor pusat Cervelo di Toronto, Canada. Mereka menyebut sepeda varian terbaru ini sebagai “modern road bike”.

Setiap Kamis malam, staf Cervelo mengadakan group ride dan melewati jalan yang tidak mulus itu. Kadang menggunakan sepeda Cervelo R5 (allrounder climbing bike) dengan ban paling besar yang bisa terpasang. Demi mengejar kenyamanan.

Cervelo Caledonia saat beraksi Foto roadccCervelo Caledonia saat beraksi. (Foto: road.cc)

Atau menggunakan Cervelo Aspero (gravel bike) dengan ban kecil dan posisi duduk se-aero mungkin. Demi mengejar speed. Dari “kegalauan” itu, lahirlah sebuah seri Caledonia.  

Cervelo melalui Head of Engineering, Graham Strive mengatakan bahwa ini adalah sepeda aero endurance. Di segmen ini, Caledonia akan berhadapan dengan Trek Domane, Giant Defy, Specialized Roubaix dan Cannondale Synapse.

Cervelo Caledonia Foto roadccCervelo Caledonia. (Foto: road.cc)

Caledonia dilengkapi dengan ban ukuran 30 mm sebagai bawaan standar. Tetapi bisa dijejali ban hingga ukuran 35 mm. Dengan DNA balap yang kuat. Tak heran Cervelo meluncurkan dua versi Caledonia.

Meskipun mereka menggunakan geometri, bahan karbon serta kadar stiffness yang sama tapi bentuk frame keduanya sedikit berbeda. Caledonia 5 banyak mengadopsi aerodinamisnya seri S.  

Toptube Caledonia 5 mirip dengan S3 Foto roadccToptube Caledonia 5 mirip dengan S3. (Foto: road.cc)

Caledonia 5 menggunakan handlebar stem terintegrasi jadi tidak ada kabel terekspos. Seatpost menggunakan model D yang mengadopsi dari versi R5 dengan clamp integrated. Frame versi ini berbobot 936 gram dengan fork 370 gram.

Caledonia biasa menggunakan handlebar stem biasa berbentuk bulat. Dan bentuk headtube mirip seri R. Juga seatpost berbentuk bulat dipegang oleh seatclamp collar. Bobotnya 1.031 gram untuk frame dan 432 gram untuk fork.

Seatpost Caledonia 5 Foto roadccSeatpost Caledonia 5. (Foto: road.cc)

Sesungguhnya tim desain Cervelo terinspirasi dari R3 Mud yaitu sepeda yang digunakan oleh Johan Van Summeren saat menjuarai balap Paris-Roubaix 2011.

Caledonia ini akan digunakan oleh Team Sunweb untuk terjun di balap Paris Roubaix yang rencananya digelar bulan Oktober 2020. Tentu, sepeda ini didesain untuk mengkombinasikan kenyamanan jarak jauh dengan ruh balap.

Penulis : Yudy Hananta

Editor : Moch. Amir

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

01 Dec 2020 15:25 WIB

BPBD Jatim Kirim Tim TRC dan Bantuan Bagi Warga Terdampak Semeru

Jawa Timur

Pengungsian diatur dengan protokol kesehatan.

01 Dec 2020 15:13 WIB

Selain Hari AIDS Sedunia, 1 Desember Viral #PapuaIndonesia

Nasional

Tanggal 1 Desember sering disebut sebagai HUT OPM.

01 Dec 2020 14:56 WIB

Ubaya Rancang Dekontaminasi APD untuk Permudah Nakes Lepas Hazmat

Teknologi dan Inovasi

Dekontaminasi APD untuk permudah nakes melepas APD.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...