Cegah penyebaran Covid dengan perubahan perilaku. (Ngopibareng)
Cegah penyebaran Covid dengan perubahan perilaku. (Ngopibareng)

Cegah Penyebaran Covid dengan Perubahan Perilaku

Ngopibareng.id Nasional 28 September 2020 14:10 WIB

Satgas Penanganan COVID-19  akan menggencarkan kampanye perubahan perilaku masyarakat agar senantiasa menaati protokol kesehatan.

Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Doni Monardo mengatakan, sosialisasi dan kampanye perubahan perilaku akan dilakukan di seluruh provinsi, khususnya sejumlah provinsi prioritas yang memiliki angka COVID-19 tinggi.

"Khususnya delapan provinsi prioritas dan tadi kami laporkan ke bapak Presiden akan kami usulkan dua lagi provinsi yaitu Bali dan Aceh karena mengalami peningkatan yang cukup tinggi, sehingga total semua 10 provinsi," jelas dia.

"Sosialisasi kampanye perubahan perilaku juga akan dilakukan di angkutan umum sesuai arahan Presiden. Transportasi publik juga akan diimbau untuk memasang protokol kesehatan di kendaraan baik itu truk, angkutan umum, angkutan kota, bus, taksi, dan lainnya," katanya. Akan ada  kerja sama Mabes Polri dengan organisasi angkutan untuk memasang protokol kesehatan di seluruh transportasi umum, tambahnya.

Sebelumnya akademisi dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto Dr. Ridlwan Kamaluddin mengingatkan bahwa kampanye penggunaan masker harus terus digencarkan guna mencegah COVID-19.
 
"Kampanye, sosialisasi dan edukasi mengenai pentingnya penggunaan masker harus terus digencarkan selama masa pandemi ini," katanya.
 
Dr. Ridlwan Kamaluddin juga mengingatkan bahwa penggunaan masker pada saat ini telah menjadi kewajiban bagi seluruh komponen masyarakat. "Karena itu untuk meningkatkan pemahaman dan juga kesadaran masyarakat agar selalu menggunakan masker saat beraktivitas, maka edukasi dan sosialisasi harus terus dilakukan secara berkala," katanya. (asm/ant)

Penulis : M. Anis

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

01 Mar 2021 16:27 WIB

Jajal KRL Yogya-Solo, Ganjar Pranowo Diledek Jokowi

Nusantara

Ganjar Pranowo mendampingi Presiden Jokowi saat jajal KRL.

01 Mar 2021 16:12 WIB

KGC Alumni Spemma Membagi Rezeki

Surabaya

Aksi sosial ini untuk membantu sesama alumni.

01 Mar 2021 15:58 WIB

Awas Bahaya Kalung Masker

Nasional

Virus corona bisa saja menyebar dari kalung masker.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...