Sistem pendaftaran online dilakukan IIK Bhakti Wiyata Kediri, Jawa Timur. (Foto: Alief Sambogo/Ngopibareng.id)

Cegah Penularan Covid, IIK BW Lakukan Pendaftaran dan Tes Online

Pendidikan 23 April 2020 16:11 WIB

Pandemi virus corona di Indonesia membuat banyak sektor harus melakukan inovasi untuk melakukan penyesuaian selama penerapan physical distancing hingga Pembatasan Sosial Berskala Sosial (PSBB). Tak terkecuali untuk sektor pendidikan.

Salah satunya Institut Ilmu Kesehatan (IIK) Bhakti Wiyata (BW). Kampus Institut kesehatan pertama di Indonesia itu, akhirnya menyelenggarakan proses pendaftaran mahasiswa baru secara online demi memaksimalkan protokol kesehatan di tengah pandemi virus Covid-19.

Wakil Rektor I IIK BW Ninis Yuliati mengatakan, bukan hanya proses pendaftaran yang dilakukan secara online. Namun untuk test masuk pun, diselenggarakan secara tanpa proses tatap muka.

"Pendaftaran online sudah kita lakukan sebelum pandemi ini. Namun ada yang khusus pada masa pandemi ini, yakni proses psikotest kali ini juga dilakukan secara online," ujar Ninis kepada Ngopibareng.id Kamis 23 April 2020, di Kota Surabaya.

Bukan hanya menyelenggarakan pendaftaran dan tes via online, IIK Bhakti Wiyata juga melayani konsultasi pendidikan via online. Sehingga orang tak perlu datang lagi ke kampus untuk konsultasi jenjang pendidikan selanjutnya.

Para calon mahasiswa bisa konsultasi di link www.iik.ac.id/livekonsultasi dan http://bit.ly/konsultasiiikbw.

Selain melakukan proses pendaftaran dengan 100 persen dilakukan secara online, Ninis juga memastikan jika proses belajar mengajar di IIK BW turut dilaksanakan tanpa tatap muka alias via online.

"Kami menyediakan sistem pembelajaran online yang mudah diakses dimanapun dan sesuai kebutuhan mahasiswa. Harapan kami dengan membangun sistem ini adalah mahasiswa tetap bisa mencapai capaian pembelajaran sesuai target di tengah pandemi Virus Corona," terang dia.

Inovasi di tengah pandemi virus corona ini, lanjut Ninis tidak akan ditinggalkan begitu saja usai musibah ini usai. Namun, pihak kampus akan mengembangkan sistem pembelajaran Blended Learning.

"Sistem itu akan mengkombinasikan sistem virtual classroom dengan kuliah tatap muka. Harapannya, skill mahasiswa bisa terasah demi tercapainya tujuan IIK BW PLUS," katanya.

Penulis : Alief Sambogo

Editor : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

20 Sep 2020 21:27 WIB

Pulihkan Ekonomi, Khofifah Kucurkan Dana Rp28 Miliar

Jawa Timur

Kucuran dana untuk bantu ekonomi warga di tengah Covid-19.

20 Sep 2020 21:26 WIB

Jika Terpilih, Eri-Armuji Akan Lanjutkan Keberhasilan BDH-Risma

Pilkada

Pondasi pembangunan Surabaya sudah terbangun oleh BDH.

20 Sep 2020 21:23 WIB

Gerakan Semut Ireng untuk Kemenangan Gus Ipul-Mas Adi

Pilkada

Semut Ireng berisi para pegiat sosial Pasuruan.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...