Rektor Universitas Brawijaya, Nuhfil Hanani usai menandatangani pakta integritas di Gedung Rektorat (Foto: Humas Universitas Brawijaya)

UB Tandatangani Pakta Integritas Birokrasi Bersih Korupsi

Pojok Unibraw 25 June 2020 21:10 WIB

Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur, menandatangani pakta integritas. Penandatanganan tersebut dilakukan sebagai bentuk komitmen UB untuk mewujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Rektor UB, Nuhfil Hanani menyebutkan bahwa dengan penandatanganan tersebut menyampaikan bahwa pentingnya lingkungan kampus yang bersih dari korupsi dan memiliki birokrasi yang baik.

"Hari ini (Kamis 25 Juni 2020) merupakan tonggak sejarah bagi UB. Sebenarnya kami sudah melakukan reformasi birokrasi di UB secara individu tetapi secara institusi dimulai pada tahun 2016 dan tahun 2019, lalu," ujarnya pada Kamis 25 Juni 2020, di Gedung Rektorat UB.

Nuhfil mengatakan UB sendiri mengajukan Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) sebagai fakultas percontohan dal penerapan reformasi birokrasi dan zona integritas. Menurutnya, FTP merupakan fakultas yang memiliki pelayanan terbaik dibandingkan dengan fakultas lainnya yang ada di UB.

"Pelayanan e-learning, pelayanan kepada orang tua mahasiswa, dan pelayanan lainnya disajikan FTP dengan maksimal," terangnya.

Nuhfil berharap apa yang telah dilakukan oleh FTP dapat diaplikasikan oleh fakultas lainnya yang ada di UB.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Harian Tim Reformasi Birokrasi UB, Unti Ludigdo menyampaikan komitmen UB dalam pembangunan zona integritas salah satunya ditandai dengan dibuatnya empat Peraturan Rektor.

Peraturan Rektor tersebut diantaranya, terkait dengan Sistem Pengendalian Internal Pemerintah, Penanganan Pengaduan Whistleblower dan Pengaduan Masyarakat, Pengendalian Gratifikasi dan Benturan Kepentingan. "Kunci keberhasilan reformasi birokrasi adalah adanya peran kepemimpinan yang baik, program yang fokus dan terarah," tuturnya.

Nantinya, kata Unti, pembangunan zona integritas ini tidak hanya dilakukan di unit fakultas saja, melainkan juga akan diterapkan di seluruh unit kerja yang ada di UB.

Penulis : Lalu Theo Ariawan Hidayat Kabul

Editor : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

26 Sep 2020 05:25 WIB

LIPI Sebut Jawa Berpotensi Gempa dan Tsunami Raksasa

Warta Bumi

Lempeng 800 Km di selatan Jawa bergeser akan timbulkan gempa magnitudo 9.

26 Sep 2020 04:33 WIB

Pejabat Tinggi Tahta Suci Vatikan Mengaku Dipaksa Mundur

Internasional

Cardinal Giovanni Becciu mundur dari jabatannya.

26 Sep 2020 03:30 WIB

Magawa, Tikus Afrika yang Mengendus 67 Ranjau Darat

Internasional

Magawa mendapatkan penghargaan medali emas.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...