Cegah Flu Burung dengan Vaksinasi 10 Ribu Ekor Unggas

Ngopibareng Pasuruan 27 April 2019 20:20 WIB

Mengantisipasi menjangkitnya virus flu burung di peternakan, Pemerintah Kabupaten Pasuruan melalui Dinas Peternakan dan Ketahanan Pangan tahun ini akan melakukan vaksinasi terhadap 10 ribu ekor unggas.

Kabid Kesehatan Hewan (Keswan) Dinas Peternakan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Pasuruan, drh Ainur Alfiyah mengatakan, pihaknya akan mengalokasikan vaksin H5N1 sebanyak 10 ribu dosis. Vaksin tersebut diperuntukkan untuk unggas jenis ayam buras dan itik.

“Untuk mencegah ternak unggas mengalami avian influenza atau flu burung, kita akan mengalokasikan vaksin H5N1, terutama saat peralihan musim atau pancaroba,” ujarnya.

Rencananya, vaksinasi akan dilakukan pada Juli-Agustus mendatang. Jumlah vaksin H5N1 sebanyak 1o ribu dosis tersebut, dikatakan Alfiyah, memang belum ideal. Pasalnya, jumlah ternak unggas di Kabupaten Pasuruan mencapai 1,377 juta ekor.

“Untuk Ternak itik saja mencapai 104 ribu dan ternak ayam petelur mencapai 1,2  jutaan. Ya secara bertahap memang, karena lagi-lagi karena keterbatasan anggaran yang membuat alokasi vaksin ini tidak bisa banyak,” ungkapnya.

Pemberian vaksin sendiri, lanjut Alfian, berdasarkan pengamatan jika ada indikasi ternak terserang, maka di titik peternak tersebut akan diberikan vaksin.

“Meskipun tidak semua peternak ada terserang, namun jika ada yang terserang jumlahnya sekitar 0,2 persen dari populasi yang dimiliki di 1 titik peternak,” terangnya. (emil)

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

29 Feb 2020 21:05 WIB

Corona, Profesor Unair Sebut Konsumsi Rempah Bantu Kebalkan Tubuh

Kesehatan

Empon-empon jadi antisipasi corona dan cocok di tubuh orang Indonesia.

29 Sep 2019 16:27 WIB

Vaksinasi Rabies Serentak di Kediri, Libatkan 50 Dokter Hewan

Pemerintahan

Vaksinasi hewan peliharaan secara serentak ini dalam rangka memperingati hari rabies

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...