Kualifikasi Euro 2020Cedera Tulang Rusuk, Matuidi Tak Dipanggil Timnas Prancis

12 Nov 2019 05:32 Dunia

Gelandang langganan Timnas Prancis, Blaise Matuidi dipastikan tak terdaftar dalam rombongan Les Blues saat menghadapi Moldova pada 14 November 2019 dan Albania, 17 November 2019 di babak kualifikasi Piala Eropa 2020.

Nama Matuidi tak disertakan dalam pemain Timnas Prancis karena sang pemain mengalami cedera tulang rusuk saat tampil bersama Juventus di Serie A Italia.

Cedera Matuidi didapatkan ketika La Vecchia Signora bentrok melawan AC Milan dalam laga lanjutan kompetisi terelit di Italia, tepatnya di pekan ke-12. Akibat tak kuat menahan sakit, Maurizio Sarri menariknya keluar lapangan di menit ke-70, dan digantikan Adrien Rabiot.

"Dia harus menjalani serangkaian pemeriksaan intensif, untuk memastikan apakah dia mengalami patah tulang," ujar Sarri seperti dikutip Football Italia, Senin 11 November 2019.

Tidak diboyongnya Matuidi dalam skuat Prancis membuat pelatih kepala Timnas Prancis, Didier Deschamps, memanggil pemain belia Arsenal Matteo Guendouzi untuk mengisi pos yang ditinggalkan pemain berusai 32 tahun tersebut.

Meski kehilangan Matuidi, Prancis tetap diunggulkan dalam dua pertandingan yang akan mereka jalani itu. Pasalnya, di atas kertas kekuatan Prancis tak mengalami penurunan karena kualitas juara dunia itu merata di semua lini.

Prancis memang memiliki kans besar untuk melaju ke putaran final Piala Eropa 2020 bersama Turki di Grup H. Mereka sama-sama mengemas 19 poin, namun Turki unggul head to head.

Ancaman bagi kedua negara itu hanya datang dari Islandia yang terpaut empat poin di bawah mereka. Apabila Turki mampu mengalahkan Islandia pada Jumat 15 November 2019, maka kedua negara akan lolos ke putaran final Piala Eropa 2020.

Kemungkinan itu sangat terbuka mengingat laga antara Turki lawan Islandia digelar di kandang Turki. Dengan performa yang mereka tunjukkan dalam pertandingan terakhir, Turki bakal bisa mengatasi perlawan Islandia.