Carnival On The River SMAN 1 Pasuruan, Berharap Jadi Pariwisata

29 Oct 2019 15:45 Ngopibareng Pasuruan

Carnival On The River (COTR) yang digagas SMA Negeri 1 Kejayan (SMANIKE) genap memasuki perhelatan kesepuluh tahun. Event tersebut kembali menyedot perhatian ribuan pengunjung yang datang untuk melihat peragaan busana para peserta, plus perahu yang dihias sedemikian rupa.

Para peserta beradu kreasi dalam menghias rakit dan memakai kostum yang unik. Dengan mengambil tema yang berbeda setiap tahunnya, gelaran COTR digadang-gadang bisa menjadi destinasi agenda wisata ikonik Kabupaten Pasuruan.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan, Iswahyudi mengatakan, COTR adalah event pariwisata yang bisa dijadikan agenda rutin setiap tahunnya. Apalagi COTR adalah event yang mengawali peragaan busana di atas air, hingga akhirnya banyak daerah di luar Pasuruan yang menirunya.

"Kita akan koordinasi dengan Disparbud untuk bisa menjadikan COTR sebagai event tahunan sekaligus agenda wisata Kabupaten Pasuruan. Karena selama ini pihak sekolah (SMANIKE) selaku penyelenggara, tentu sangat terbatas sekali anggarannya. Semoga tahun depan bisa lebih meriah lagi," katanya.

Hal senada juga diharapkan oleh Edi Santoso selaku guru pembina di SMANIKE dan pencetus ide COTR. Menurutnya, apabila Pemkab Pasuruan serius menjadikan COTR sebagai agenda pariwisata tahunan, maka itu adalah berita yang sangat menggembirakan.

"Kami selalu berusaha semaksimal mungkin dan memberikan yang terbaik. Nah kalau dijadikan agenda tahunan, kami menyambut gembira," kata Edi.

Acara ini katanya, digelar setiap tahun dalam momen peringatan Hari Sumpah Pemuda dan sekaligus sebagai rangkaian kegiatan peringatan Hari Jadi Kabupaten Pasuruan.

"Harapannya, ya semoga Pemkab Pasuruan bisa lebih maksimal lagi dalam mensuport kegiatan ini kedepannya, sehingga bisa menjadi destinasi agenda wisata ikonik Kabupaten Pasuruan setiap tahunnya," ujar Edi Santoso.

Sementara itu, Kabid Seni dan Budaya dari Disparbud Kabupaten Pasuruan, Nurul Hudayati mengatakan bahwa event COTR ini akan segera diusulkan sebagai agenda wisata tahunan Pemkab Pasuruan. "Akan segera kami usulkan. Semoga tahun depan sudah berjalan dan bisa maksimal," kata Nurul Hudayati.

Seperti diketahui, Carnival On The River (COTR) awalnya hanya sebagai agenda sekolah untuk penilaian bidang kesenian bagi siswa-siswi SMANIKE. Namun semakin tahun peserta semakin bertambah dari sekolah lain maupun MKKGS, dan tahun ini dari komunitas masyarakat juga turut serta memeriahkan COTR. (sumber: www.pasuruankab.go.id)

Penulis : Witanto


Bagikan artikel ini