Cara Timses Jokowi Jatim Peringati Hari Pahlawan

10 Nov 2018 13:35 Politik

Tim Kampanye Daerah (TKD) Jawa Timur Joko Widodo-Ma'ruf Amin punya cara sendiri untuk memperingati Hari Pahlawan. Mereka berkumpul dengan para veteran yang hadir lengkap berseragam kebanggaannya di Posko Jalan Basuki Rahmat Surabaya.

Ketua TKD Jatim Machfud Arifin mengatakan, silaturahim dengan para relawan menyambut Hari Pahlawan ini adalah wujud penghormatan kepada para veteran yang ikut berjasa merebut kemerdekaan dari tangan penjajah.

“Kami sengaja mengundang para veteran, berbicara dari hati ke hati sambil makan malam ditemani menu-menu khas Jawa Timur. Tidak hanya ngobrol soal politik, tapi juga bagaimana menjaga kesehatan dan aktivitas para veteran sekarang ini,” ujar Machfud, Kamis, 9 November 2018.

Diawali dengan doa bersama serta mengirim surat Al-Fatihah untuk para pejuang yang telah gugur, pertemuan itu dikemas dalam bentuk cangkrukan dengan nuansa egaliter khas Jawa Timur.

Makanan khas Jatim menemani obrolan gayeng para veteran dan Timses Jokowi-Maruf Amin di Jatim, mulai bakso malang, sup kikil, tahu campur lamongan, hingga cumi hitam khas Madura. Lagu-lagu perjuangan semakin menambah akrab suasana.

Bahkan, perwakilan veteran pun sempat melakukan salam satu jempol dengan Ketua TKD Jatim Machfud Arifin di atas panggung. Salam satu jempol itu diperkenalkan Jokowi saat Rapat Kerja Tim Kampanye se-Indonesia di Surabaya akhir Oktober lalu.

Machfud mengatakan, para veteran selalu mendapatkan perhatian Jokowi. Sebagai presiden, Jokowi pada Juli 2018 lalu telah meneken Peraturan Pemerintah Nomor 31 Tahun 2018 tentang Veteran Republik Indonesia yang mengatur kenaikan dana kehormatan dan tunjangan bagi para veteran pembela kemerdekaan RI, veteran anumerta pembela kemerdekaan, veteran anumerta pejuang kemerdekaan beserta janda, duda dan anak yatim piatu mereka.

Ke depan, lanjut Machfud, kesejahteraan para veteran pasti akan terus ditingkatkan seiring dengan kemajuan ekonomi Indonesia.

“Saat ini Indonesia telah masuk dalam klub USD 1 triliun, negara yg perekonomiannya menembus USD 1 triliun. Di dunia cuma ada 16 negara. Dengan ekonomi yang terus membaik, kesejahteraan veteran pasti tidak akan dilupakan,” papar mantan Kapolda Jatim itu.

Sementar itu, Suparmin, perwakilan veteran mengaku senang bisa berdialog dengan timses Jokowi di Jatim. Ini merupakan dialog yang pertama dengan tim dari dua kubu capres-cawapres.

“Kami senang, dan memang pembangunan sekarang bagus. Tentu harapan kami ke depan kesejahteraan meningkat, ekonomi semakin baik, pendidikan cucu-cucu kami dan generasi muda semakin berkualitas. Pilih nomor 01,” kata Suparmin. (frd)

Reporter/Penulis : Farid Rahman
Editor : Moch. Amir


Bagikan artikel ini