Ilustrasi Bendera Singapura. (Foto: Unsplash.com)

Cara Singapura Memperingati Hari Kemerdekaanya di Agustus

07 Aug 2020 11:15

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Singapura akan merayakan hari kemerdekaan yang dikenal sebagai National Day pada 9 Agustus 2020. Layaknya Indonesia, Hari Kemerdekaan yang sering diwarnai dengan karnaval kini diganti dengan beragam kegiatan yang tak membuat orang berkerumun. Singapura banyak melibatkan warganya dalam kegiatan bersama di media sosial.

Dilansir dari laman gov.sg, Singapura menawarkan lima cara merayakan hari nasional mereka pada 9 Agustus 2020. Di awali pada pukul 10.00, Perdana Menteri Lee Hsien Loong akan membacakan pidato hari nasional, dilanjutkan parade di The Padang, dan berbagai acara lain pada pagi hari, serta peringatan sore pada pukul 19.00.

Namun warga tak perlu berkerumun di lokasi. Pemerintah menyarankan warga berkumpul di rumah masing-masing dan menikmati acara pagi dan petang lewat Youtube dan televisi pemerintah setempat, dengan menggunakan baju berwarna merah-putih, warna bendera Singapura.

Langkah kedua, penduduk Singapura juga diminta membuat bendera kecil, dan melambaikannya ketika lagu kebangsaan diputar pada peringatan hari kemerdekaan di pagi hari, serta pada saat pembacaan ikrar kemerdekaan pada sore hari.

Berikutnya, pemerintah setempat meminta warga menggunakan penggalan kalimat dalam lagu tema peringatan hari nasional di tahun 2020, dalam percakapan sehari-hari. Tahun ini pemerintah merilis lagu National Day dengan judul Everything I Am.

Langkah keempat, warga diminta meramaikan media sosial dengan  mengunggah foto dengan bendera Singapura dan tetangga sekitar, serta menggunakan tanda pagar tertentu.

Terakhir, warga diminta memberi stiker merah pada lampu di telepon seluler mereka untuk dinyalakan dan dilambaikan lewat balkon atau jendela, serentak pada pukul 20.20 ketika membacakan ikrar kebangsaan. Perayaan pada malam hari akan diakhiri dengan parade kembang api yang akan menyala di 10 lokasi berbeda.