Cara merawat kucing dan anjing saat pandemi covid-19. (Ilustrasi/unsplash.com)

Cara Physical Distancing untuk Kucing dan Anjing Peliharaan

Tips 15 April 2020 23:23 WIB

Sejumlah penelitian menemukan jika binatang juga bisa terinfeksi virus corona jenis baru atau covid-19. Meski penelitian lanjutan masih dibutuhkan untuk mengetahui adanya kemungkinan penularan dari manusia ke hewan, sejumlah ilmuwan merumuskan cara physical distancing yang aman untuk hewan peliharaan, terutama dengan manusia.

Dokter Hewan Woody Walker menyebut pemilik hewan harus menjaga kebersihan pada binatang kesayangan mereka. Selain itu pemilik harus tahu jika virus tidak menempel pada bulu.

"Pemilik harus memperhatikan kebersihan. Cuci tangan setelah bermain dengan kucing dan anjing," dilansir dari Antaranews.

Ia melanjutkan untuk menjaga jarak binatang peliharaan dengan orang lain sedikitnya enam kaki. Pemilik juga perlu membatasi interaksi peliharaanya dengan orang lain. "Hal-hal ini akan banyak membantu," katanya.

Saran lain juga datang dari Dokter Hewan Matthew Toscano. Menurut Kepala Dokter Hewan di Pasadena Humane Society ini, pemilik seharusnya tidak menitipkan peliharaanya pada orang lain kecuali mendesak. Akan lebih aman bagi kucing dan anjing jika berada di rumah sendiri, untuk menghindari kemungkinan terinfeksi virus di tempat baru.

Penulis : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

11 Aug 2020 15:03 WIB

Siswi SMP Olah Kulit Pisang Jadi Nugget dan Pupuk Cair

Teknologi dan Inovasi

Masih muda tapi sudah berprestasi

11 Aug 2020 14:57 WIB

Ini Deretan Pemain Top yang Menjadi Korban Zidane

Liga Spanyol

Terbaru, Gareth Bale dipastikan dicoret dari daftar pemain Madrid

11 Aug 2020 14:51 WIB

PHK Massal, Ratusan Buruh Asal Sidorajo Datangi Grahadi

Surabaya

Ratusan buruh asal Sidoarjo, tuntut pekerjakan kembali karyawan.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...