Image @Sutterstock

Cara Mengonversi Video YouTube ke Format MP3, Ternyata Mudah

Aplikasi 09 May 2020 05:31 WIB

Ada tinggalan Lord of Broken Heart Didi Kempot dalam bentuk video. Seperti lagu Tombo Teko Loro Lungo yang dibikin terakhir sebelum ia meninggal dunia. Inilah lagu yang baru disiapkan di studio dan belum dirilis.

Padahal lagu yang ia nyanyikan dengan penuh rasa itu menyentuh sekali. Seperti terlihat di video latihannya, Didi Kempot dengan berkopyah dan berkaos menyanyi lagu barunya di studio dengan diiringi para pemusiknya.

Lagu itu akan lebih nikmat didengarkan saat perjalanan di dalam mobil. Sambil melewati jalan pedesaan yang kanan kirinya masih dikelilingi sawah. Mendengarkan lagu Tombo Teko Loro Lungo bisa makin memiris hati.

Tapi bagaimana cara menyalin rekaman video yang sudah beredar YouTube itu sehingga gampang diputar di dalam mobil? Atau bisa dinikmati melalui podcast dwngan headset sehingga tak mengganggu orang lain?

Technoradar.com menurunkan artikel tentang cara mengonversi video YouTube ke format MP3. Caranya ternyata sangat mudah jika kita mempunyai alat yang tepat.

1. Gunakan Alat Desktop

Kami merekomendasikan menggunakan perangkat lunak desktop daripada alat online. Sebab, biasanya memproses file lebih cepat dan memungkinkan untuk mengonversi beberapa video dalam satu batch.

2. Konversi YouTube ke MP3 Secara Sah

Persyaratan layanan YouTube secara eksplisit melarang mengunduh konten tanpa izin. Karena itu, sebaiknya mengunduh video setelah memiliki izin dari pemegang hak cipta. Ini seharusnya cukup mudah untuk podcaster video, karena mereka biasanya memberikan informasi kontak dalam deskripsi video mereka.

3. Gunakan WinX HD Video Converter Deluxe

WinX HD Video Converter Deluxe adalah perangkat lunak terbaik untuk mengonversi video ke format lain. Ini tidak gratis, tidak seperti alat di bawah ini. Tetapi dapat menangani video dari hampir semua sumber (termasuk Facebook, YouTube, Vimeo, Blu-ray dan DVD) dan mengonversinya menjadi hampir semua jenis file. Bahkan ada profil pra-atur untuk pemutaran pada perangkat yang berbeda.

Banyak alat online dan desktop yang dapat menghapus audio dari video YouTube tetapi disarankan Any Video Converter Free untuk kecepatan dan kenyamanan Kredit gambar Anvsoft IncBanyak alat online dan desktop yang dapat menghapus audio dari video YouTube, tetapi disarankan Any Video Converter Free untuk kecepatan dan kenyamanan (Kredit gambar: Anvsoft Inc)

4. Gunakan Any Video Converter Free jika Ingin Gratis

Ada perangkat lunak lain yang tak berbayar. Namanya Any Video Converter Free. Alat gratis untuk Windows ini memungkinkan kita mengunduh dan menyimpan video dari YouTube, Vimeo, dan sejumlah situs lainnya. Itu juga tidak disertai dengan bilah alat atau spyware tambahan. Cukup unduh secara gratis, lalu jalankan penginstalnya, terima opsi default, dan luncurkan.

Salin URL video dari browser web Anda dan rekatkan ke Any Video Converter untuk menyiapkannya untuk konversi Kredit gambar Anvsoft Inc 2Salin URL video dari browser web Anda dan rekatkan ke Any Video Converter untuk menyiapkannya untuk konversi (Kredit gambar: Anvsoft Inc) 2.

5. Temukan Video Converter Gratis Lainnya.

Klik panah tarik-turun di samping ‘Tambahkan URL’ dan pilih ‘Unduh file musik’. Buka browser web dan temukan video yang ingin diunduh. Lalu salin URL-nya dari bilah alamat. Kembali ke Any Video Converter Free, klik ikon plus dan tempel URL ke kotak yang disediakan. Kita dapat menambahkan beberapa video sekaligus - cukup klik ikon plus lagi untuk masing-masing.

Video diproses dan disimpan dengan cepat di tujuan pilihan Anda Kredit gambar Anvsoft IncVideo diproses dan disimpan dengan cepat di tujuan pilihan Anda (Kredit gambar: Anvsoft Inc)

6. Konversi Video YouTube ke MP3.

Setelah mendapatkan semua video, klik ‘Mulai unduh’ dan video akan dianalisis dan disimpan ke PC. Ini mungkin memakan waktu satu menit. Sekarang pastikan kotak centang di sebelah setiap video dicentang, pilih ‘Audio MP3’ dari daftar format file di kanan atas, dan klik ‘Konversi sekarang’. MP3 yang dikonversi akan muncul di folder Video. Tapi kita bisa mengubahnya dengan menggunakan menu pengaturan, yang dapat diakses melalui ikon roda gigi di kanan atas.

Silakan mencoba!

Penulis : Azhari

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

29 Sep 2020 11:41 WIB

1.540 WNI di Luar Negeri Positif Covid-19

Nasional

Tambahan kasus baru Covid-19 WNI di luar negeri sebanyak 8 orang.

29 Sep 2020 11:18 WIB

Gwyneth Paltrow Pose Telanjang

Gosip Artis

Gwyneth Paltrow merayakan ulang tahun dengan pose telanjang.

29 Sep 2020 11:06 WIB

Perkenalkan Sejarah Muhammadiyah, Begini Alasan Siti Noorjannah

Khazanah

Jalan menjadi generasi terbaik dengan berakhlak mulia

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...