Menuju Pernikahan Islami (1)

Cara Mencari Jodoh yang Tepat, Ini Jawaban Habib Luthfi

Ngopibareng.id Islam Sehari-hari 02 April 2018 14:43 WIB

Akhir-akhir ini banyak sekali perceraian (terutama di kalangan para artis). Ada yang bertahun-tahun menikah,tiba-tiba cerai. Ada pula yang berbulan-bulan  menikah terus cerai. Bahkan ada pula yang baru beberapa hari menikah langsung cerai. Sebenarnya apakah hakikat perjodohan itu?  Terus bagaimana menjaga hubungan Rumah Tangga serta bagaimana kriteria memilih pasangan?”

Demikian pertanyaan yang kerap diajukan pada ngopibareng.id. Di antaranya, merupakan masalah Anton Rahman, warga Karah Agung Surabaya.

Untuk menjawab hal itu, berikut jawaban terhadap masalah keumatan bersama Habib Luthfi bin Yahya. Rais Am Jam’iyah Ahlith Thariqah Mu’tabarah An-Nahdliyah (JATMAN) menjelaskan berikut :

Yang Allah SWT perintahkan kepada kita itu adalah memilih suami yang shalih atau istri yang shalihah. Sebisa mungkin,taatilah perintah tersebut tanpa berpikir sampai kapan jodoh kita itu bertahan. Banyak sekali kriteria yang dipilih seseorang (misalkan kecantikan,kegantengan pangkat harta,dll) tapi pilihlah pasangan yang memiliki kualitas bagus dalam hal ibadah dan akhlak.

Sedangkan masalah harta itu nomer tiga. Rasulullah menjamin kalau seseorang mendahulukan hal demikian, kelak kehidupan suami akan mudah, ringan, lapang & tanpa beban (Fadzfar bitatiddin taribat yadaka).

Perlu diketahui, Rahmat Allah SWT itu tidak akan datang tanpa usaha dari anggota keluarga & kesalihan anggotalah yang diperlukan dalam mangarungi gelombang khidupan Rumah Tangga. Sedangkan aktivitas lainnya (semisal seks) itu hanyalah sarana pelengkap saja. Jadi kesalihan para anggota keluargalah yang dibutuhkan dalam mengarungi gelombang kehidupan.” (adi)

Penulis : Riadi

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

04 Dec 2020 14:14 WIB

18 Ribu Lebih Calon Pemilih di Jateng Tak Miliki e-KTP

Nusantara

Paling banyak berada di Kabupaten Klaten dengan total 10.777 warga.

04 Dec 2020 10:00 WIB

Gunung Semeru Kembali Keluarkan Lava Pijar dan Sinar Api

Warta Bumi

Pengamatan berlangsung sepanjang Jumat, pukul 00:00-06:00 WIB.

04 Dec 2020 09:00 WIB

Festival Film 100% Manusia, Digelar Lewat Daring dan Medsos

Film

Penonton bisa memesan tiket sejak 24 November 2020.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...