Cangkir Raksasa Tampung 20 Ton Kopi

20 Jun 2019 15:00 Ngopitainment

Bogota ibu kota Kolombia coba memecahkan rekor kopi dunia, Guiness World Records. Warga kota membuat cangkir raksasa yang menampung kopi sebanyak 20 ton, sekaligus mengadakan momen mencicipi kopi (coffee tasting), seperti dikutip dari Straits Times.

Acara ini digelar di plaza kota Chinchina, sebuah komunitas di jantung daerah penghasil kopi pegunungan di Kolombia.

Pihak penyelenggara mengatakan pemecahan rekor dunia ini berupaya menyoroti budaya kopi lokal Kolombia. Sekaligus menunjukkan betapa pentingnya peran petani kopi daerah.
Seperti diketahui, Kolombia merupakan salah satu penghasil kopi terbesar di dunia.

Negara di Amerika Selatan ini memiliki karakter geografi yang mampu menghasilkan biji kopi Arabica berkualitas. Di Kolombia, kopi bukan lagi sekadar komoditas tapi juga bagian dari identitas budaya.

Dikutip dari Neptune Coffee, sebanyak 2 juta warga Kolombia plus 500.000 petani yang menggantungkan hidup mereka dari bisnis kopi. Kopi dari Kolombia punya banyak profil rasa, bergantung tiap daerah.

Namun secara umum, beberapa profil dominan kopi Kolombia adalah lembut dengan tingkat keasaman medium hingga tinggi. Ada jejak rasa floral, buah tropis, red berry, apel, hingga karamel yang mungkin tercecap dari secangkir kopi Kolombia asli.

Sebelumnya, rekor terkait kopi juga dipecahkan seorang barista Australia. Liza Thomas berhasil mencatat namanya di Guinness World Record setelah meracik 420 cangkir kopi dalam waktu 1 jam. Hal ini berarti ia bisa membuat 7 cangkir kopi per menitnya. (yas)

Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini