Calon Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramono, putra Seketaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung, berkunjung ke kampung jamu tradisional. (Foto: Fendhy Plesmana/Ngopibareng.id)
Calon Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramono, putra Seketaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung, berkunjung ke kampung jamu tradisional. (Foto: Fendhy Plesmana/Ngopibareng.id)
Pilbup Kediri 2020

Calon Bupati Kediri Hanindhito Kunjungi Kampung Jamu

Ngopibareng.id Pilkada 14 October 2020 20:35 WIB

Calon Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramono kembali melanjutkan agenda kampanye, pada Rabu 14 Oktober 2020. Kali ini putra Seketaris Kabinet Pramono Anung blusukan ke kampung jamu tradisional. Lokasinya di Desa Ringin Sari, Kecamatan Kandat, Kabupaten Kediri.

Dalam kunjungannya itu, pemuda berusia 28 tahun yang akrab disapa Dhito tersebut, mendapat sambutan dari emak-emak yang berprofesi sebagai penjual jamu tradisional. Dhito sempat melihat secara langsung proses pembuatan jamu tradisional di salah satu rumah warga.

Dhito kemudian mengajak berdiskusi perwakilan dari pedagang jamu keliling. Dalam perbincangan itu, pria kelahiran 31 Juli 1992 itu mendengar keluh kesah para pedagang terkait kendala prasarana yang dimiliki.

"Bakul (pedagang) jamu di sini sekitar 200 sampai 250, mereka berjualan seminggu 2 sampai 3 kali. Keuntungan mereka antara Rp 50.000 hingga Rp 70.000. Kendala mereka ada pada alat penggilingan dan gerobaknya," jelas Dhito.

Inti dari pertemuan itu, lanjut Dhito, para penjual jamu minta dibantu pembuatan gerobak yang terbuat dari steenles berikut alat pengilingan. Sebab selama ini, kata Dhito, diketahui jika gerobak yang dipergunakan untuk berjualan ternyata berbahan kayu serta alat penggilingan yang dipakai meracik jamu jumlahnya terbatas.

"Jadi tadi permintaanya minta dibantu untuk kaitanya dengan gerobak supaya dari stanles dan ada alat penggilingan, karena mereka harus bergantian untuk meracik jamunya di pagi hari," paparnya.

Selain menemui pedagang jamu tradisional dalam agendanya hari ini Dhito juga blusukan berkunjung ke UMKM kerajinan kuda lumping di Desa Karang Rejo, Kecamatan Kandat, Kabupaten Kediri serta menggelar pertemuan bersama kordes di Desa Ngeletih.

Penulis : Fendhy Plesmana

Editor : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

07 Mar 2021 12:22 WIB

Pantun Politik dari Jalanan, Ohoi...! Sedapnya di Masa Pandemi

Humor Sufi

Humor politik di kalangan arus bawah

07 Mar 2021 12:05 WIB

Lansia Rentan Terpapar B117, Vaksin Membantu Bentuk Antibodi

Kesehatan

Vaksin membantu bentuk antibodi lansia.

07 Mar 2021 11:52 WIB

7 Perubahan Program Pendidikan Kecakapan Kerja dan Wirausaha

Nasional

Program Pendidikan Kecakapan Kerja dan Wirausaha bantuan pemerintah.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...