Pecahan nisan yang jatuh menimpa sebuah kuburan di Pemakaman Searles Valley setelah gempa kuat mengguncang Trona, California, 7 Juli 2019. (Foto: voa)

California Terus Dilanda Gempa Susulan, Setelah 2 Gempa Besar

Internasional 08 July 2019 21:58 WIB

Kerusakan di dua wilayah terpencil di gurun California, setelah dua gempa besar mengguncang wilayah Amerika Serikat itu, akhir pekan lalu, telah ditinjau sejumlah pejabat di negeri Paman Sam. Menyusul hal itu, kini terjadi ribuan getaran kecil.

Kota Ridgecrest dan wilayah di dekatnya, Trona, diguncang gempa berkekuatan 7,1 Skala Richter (SR) yang terasa di kota-kota di Gurun Mojave pada Jumat 5 Juli. Sehari sebelumnya, gempa berkekuatan 6,4 melanda wilayah gurun yang sama.

Kawasan itu, sekitar 240 kilometer di sebelah timur laut Los Angeles, sedang dalam pemulihan setelah gempa-gempa itu menghancurkan sejumlah bangunan, memicu kebakaran dan memadamkan listrik ribuan rumah dan bisnis.

Survei Geologi AS, Minggu 7 Juli 2019, waktu setempat, mengatakan hanya ada 1 persen kemungkinan terjadinya gempa lagi yang berkekuatan 7 SR atau lebih kuat dalam pekan depan.

Gubernur California Gavin Newsom telah menyatakan keadaan darurat di kawasan itu dan memperingatkan pemerintah daerah untuk memperkuat sistem-sistem peringatan bencana.

"Ini merupakan peringatan bagi negara bagian California dan wilayah AS lainnya," kata Newsom kepada wartawan, dikutip ngopibareng.id dari voa, Senin 8 Juli 2019.

Gubernur dari Partai Demokrat itu memperkirakan kerugian akibat gempa mencapai $100 juta. Dia juga mengatakan Presiden Donald Trump telah meneleponnya serta menawarkan bantuan federal untuk membangun kembali wilayah-wilayah yang terkena dampak bencana. Demikian laporan Voice of America.

Penulis : Riadi

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

26 Feb 2020 19:00 WIB

Pemkab Pasuruan Akan Tingkatkan Kesejahteraan Guru Madin dan TPQ

Ngopibareng Pasuruan

Wabup Pasuruan janji akan tingkatkan kesejahteraan guru ngaji.

26 Feb 2020 18:00 WIB

Ini Batik Motif Baru Khas Pasuruan

Ngopibareng Pasuruan

Ikan Sengkaring yang berkoloni bisa dituangkan dalam seni batik.

26 Feb 2020 17:06 WIB

Tak Ada Dana, Pemkot Tak Mampu Revitalisasi Pasar Tunjungan

Surabaya

Para pedagang Pasar Tunjungan tagih janji Pemkot Surabaya

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.