Gita Ratnasari Tuuk, Kepala Desa Bombanon, Kecamatan Lolayan, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Sulawesi Utara. (Foto: Dok. pribadi)
Gita Ratnasari Tuuk, Kepala Desa Bombanon, Kecamatan Lolayan, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Sulawesi Utara. (Foto: Dok. pribadi)

Caleg Gagal, Wanita Cantik Ini Terpilih Jadi Kepala Desa

Ngopibareng.id Nasional 23 November 2019 16:35 WIB

Gita Ratnasari Tuuk viral. Selain wajahnya yang cantik, wanita 26 tahun ini baru saja terpilih sebagai Sangadi atau Kepala Desa Bombanon, Kecamatan Lolayan, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Sulawesi Utara (Sulut), pada 14 November 2019.

Wanita kelahiran 22 Juli 1993 ini meraih 206 suara dari total pemilih sebanyak 570 orang. Istri Stenly Uno ini unggul atas empat rivalnya yang hanya meraih suara di bawah 100.

Gita Ratnasari Tuuk sebelumnya meraup suara banyak saat maju sebagai caleg DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow dari PDI Perjuangan (PDIP) pada Pileg 2019. Namun ia gagal maju ke DPRD.

Selain pertimbangan perolehan suara saat Pileg 2019, Gita Ratnasari Tuuk juga didukung keluarga. Warga di desanya juga ikut mendorong agar dirinya maju dalam pemilihan kades.

Penyandang gelar S1 Ekonomi ini memikat warga lewat program GRT, yakni Gotong Royong Terutama. Fokus utama pada tata kelola desa yang transparan, kesehatan masyarakat, pemberdayaan generasi muda, optimalisasi pertanian hingga teknologi dengan menghadirkan wifi gratis bagi warga untuk mengupdate informasi publik.

Sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2019, ibu dua anak ini berhak menerima penghasilan tetap paling sedikit Rp 2.426.640,00 setara 120% dari gaji pokok Pegawai Negeri Sipil golongan ruang II/a.

Sebelum Gita Ratnasari Tuuk, ada biduan dangdut Angely Emitasari yang terpilih sebagai Kepala Desa Kedungkumpul, Lamongan. Perempuan berusia 28 tahun ini berhasil mengalahkan dua lawannya dan berhasil meraup suara sebanyak 1260 suara pada Pilkades 15 September 2019.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...