Cak Imin Sambel Pedes, Andre Kripik Tempe, Nyusul Kopinya Gus Ipul

07 Mar 2018 16:12 ngopiPRODUK

Makin banyak tokoh dan para artis yang terjun di bisnis kuliner. Selain mencari profit, juga terbukti efektif jaga nama agar tetap ngehits.

Pekan-pekan ini, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, atau yang lebih populer dipanggil Cak Imin, bakal melaunching "Sambel Pedes Cak Imin". Rencananya akan diproduksi secara massal.

Menurut pengamat kreatif dan penulis skenario beken di Jakarta, Harry Tjahjono, kejelian Cak Imin mengambil "tema" sambel sangat cerdas. "Karena makan dengan sambal sudah jadi tradisi masyarakat Indonesia. Juga sebagai sarana komunikasi politik, Cak Imin mengambil 'angle' yang jitu, sambel pedes," ujar penulis 100 episode serial "Si Doel Anak Sekolahan" RCTI yang pernah diperankan Rano Karno ini kepada ngopibareng.id tadi sore.

Cara Cak Imin, lanjut Mas Harry, seperti sudah digarap dengan baik oleh Cagub Jatim Gus Ipul. Gus Ipul bahkan sudah lama identik dengan produk kopi dan ngopi barengnya. "Dulu, jangan lupa, 10 tahun lalu, Pak Karwo menang jadi Gubernur Jatim juga disebabkan dengan produk "Kacang Pakde"nya. Sejak itu, masyarakat Jatim awereness dengan Pak De," jelasnya.

Desain Sambel Pedes Cak Imin
Desain Sambel Pedes Cak Imin

Mas Harry menambahkan, Cagub atau Caleg sudah biasa menempuh kampanyenya cara-cara soft yang konvensional seperti mengunjungi pasar atau pondok, madrasah sampai panti asuhan. "Coba bayangkan kalau tiap langkah Gus Ipul di manapun, misalnya, selalu ngajak ngopi bareng seribu masyarakat setempat, pasti dialog politik akan  sangat baik," amatnya. Selain Gus Ipul, belakangan di Jakarta politikus Fahri Hamzah juga mengambil tema "ngopi bareng."

Sambel Pedes Cak Imin
Sambel Pedes Cak Imin

Selain Cak Imin, komedian terkenal Andre Taulany, pekan depan,  juga siap-siap meluncurkan "Ini Kripik"  di Malang, Jatim. Ini murni bisnis atau ibarat sambil menyelam minum air, Mas Harry mengatakan masih belum tahu. "Karena bisa jadi Andre tahun 2019  depan malah Nyaleg DPR RI dari Dapil Malang, misalnya. Dulu Andre kan sempat sebentar terjun di dunia politik tapi kemudian ia  memilih balik fokus ngelawak lagi," imbuh Mas Harry yang juga penulis cerpen, esai, dan konsultan  budaya sejumlah tokoh ternama ini.

 

Apapun yang terjadi, lanjut Mas Harry yang asal Madiun ini, 

"Sambel Pedes Cak Imin" dan "Ini Kripik Andre Taulany" bakal meramaikan industri UMKM di tanah air, menyusul kopi-nya Gus Ipul yang lebih dulu membanjiri pasar. Semoga sukses. "Ini sangat baik sebagai cara campaign yang lain," ujar Mas Harry.  (dmr)

Ini Kripik  Andre Taulany
Ini Kripik - Andre Taulany
Andre Taulany kiri
Andre Taulany (kiri)
Harry Tjahjono
Harry Tjahjono
Reporter/Penulis : Damarhuda


Bagikan artikel ini