Cak Imin Minta 10 Kursi Menteri, JK: Terus Yang Lain Dapat Apa?

29 Jan 2019 18:19 Politik

Wakil Presiden Jusuf Kalla menilai pernyataan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar (Cak Imin) yang menginginkan 10 kursi menteri kabinet jika Joko Widodo-Ma'ruf Amin menang adalah berlebihan.

Menurut Kalla, jumlah menteri antara politisi dan profesional harus proporsional. "Kalau ada partai yang mau 10 kursi terus yang lain dapatnya apa," kata Kalla pada wartawan di kantor Wakil Presiden, Jakarta, Selasa 29 Januari 2019.

Kalla mencontohkan di kabinetnya saat ini maka jumlah menteri dari politisi ada 17 orang. Artinya jumlah ini masih sangat proporsional karena sisanya harus diisi oleh tokoh-tokoh profesional.

Selain itu, menteri dari politisi juga harus dibagi di antara partai politik pendukung saat kampanye pemilihan presiden.'

Biasanya, jumlah menteri jatah partai politik akan disesuaikan dengan seberapa besar partai tersebut dan melihat kontribusinya saat pemilihan presiden.

"Tapi semua di tangan presiden. Partai pendukung dengan kursi banyak memang diberikan kursi cukup. Tapi kalau 10 ya berlebihanlah," ujarnya.

Sekadar diketahui saat menerima audiensi pengurus Muslimat NU pada Minggu 27 Januari 2019, Cak Imin berharap bisa mendapatkan 10 kursi jika Jokowi-Ma'ruf menang dalam pilpres mendatang. "Mohon doanya, semoga 2019-2024 Menteri dari kita 10," ujarnya. (man)

Penulis : Rohman Taufik


Bagikan artikel ini