Cak Imin: PKB Harus Kuasai Kursi DPR

05 Apr 2019 15:23 Nasional

Muhaimin Iskandar, Ketua Umum DPP PKB, mengintruksikan kader PKB di seluruh Indonesia harus tancap gas untuk memenangkan PKB pada Pemilu 2019. Menurut Cak Imin, tak ada cara lain bahwa PKB harus berjuang habis-habisan untuk memenangkan PKB. Masa kampanye yang masih delapan hari harus dimanfaatkan maksimal.

Kepada ngopibareng.id di Jakarta, Cak Imin mengatakan, rasanya cukup berat Pileg DPR, DPR D Propinsi, DPRD Kabupaten/ Kota, DPD RI dan Pilpres digelar secara bersamaan. Masyarakat pemilih juga masih bingung.

"Berat karena partai harus berperan ganda. Pertama PKB harus bisa menguasai kursi di DPR sebanyak-banyaknya supaya bisa punya wakil di DPR RI. Kedua PKB berkewajiban memenangkan Capres - Cawapres koalisi, Jokowi-Ma'ruf," kata Cak Imin.

Meskipun perjuangan di Pemilu 2019, cukup berat, Cak Imin optimis PKB tetap bertahan di papan atas.

Cak Imin juga memasang target, PKB pada Pemilu 2019, akan memiliki wakil di DPR RI dari daerah pemilihan Jakarta yang selama ini belum pernah ada. Jawa Timur masih merupakan pemasok kursi DPR RI terbanyak.

"Pemilu pertama Caleg PKB daerah pemilihan Jawa Timur mendapat 45 kursi di DPR RI, Caleg PKB dapil Jawa Tengah di urutan ke dua," kata Cak Imin.

Sementara itu, beberapa lembaga survei memprediksi, perolehan suara partai perserta Pemilu 2019: PDIP 25,9 persen, Gerindra 13,3 persen, Golkar 9,4 persen, PKB 7 persen, Demokrat 5,5 persen, PKS 4,6 persen, Nasdem: 4,3 persen, PPP 3 persen, PAN 2,5 persen, Perindo 1,1 persen, Hanura 0,8 persen, PSI 0,5 persen, PBB 0,4 persen, PKPI 0,2 persen, Garuda 0,1 persen, Berkarya: 0,1 persen. (asm)

Penulis : Asmanu Sudharso
Editor : Widi Kamidi


Bagikan artikel ini